Setelah bersama-sama mengirimkan dokumen akreditasi prodi pada akhir Maret 2019 lalu, empat program studi (prodi) di FBS, yaitu Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Sastra Indonesia, dan Prodi Pendidikan Bahasa Prancis kini tengah disibukkan mempersiapkan diri menghadapi visitasi asesor BAN PT. Untuk itu, Dekan FBS beserta Gugus Penjaminan Mutu (GPJM) FBS mengundang keempat prodi untuk rapat laporan kemajuan persiapan visitasi akreditasi prodi masing-masing pada Selasa, 24 September 2019, pukul 09.00-10.30 di ruangan Gedung E Lantai II UNJ. Para undangan ialah para koorprodi dan koordinator akreditasi empat prodi. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dihadiri oleh Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana ditemani Ibu Etsa Purbarani (Ibu Sri Suhita, Koordinator Akreditasi Prodi PBSI berhalangan hadir). Tampak hadir pula Kabag TU FBS, para kasubag beserta staf bidang akademik FBS.

Pada pertemuan ini, Dekan FBS Ibu Liliana Muliastuti membuka kegiatan sekaligus memandu jalannya rapat. Beliau memaparkan dahulu status akreditasi terkini pada semua prodi dan butir-butir apa saja yang harus disiapkan saat visitasi. Beliau mengecek satu demi satu prodi dilihat dari setiap butir dalam lampiran borang akreditasi yang harus disiapkan prodi. Koorprodi PBSI menyampaikan informasi bahwa dokumen lengkap hasil Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) untuk semua semester memang hanya ada di FBS dan ada pula bukti manual prosedur SIM untuk standar 6 yang hanya ada di Pustikom UNJ.

Meskipun tahun ini ada kemungkinan terjadi keterlambatan visitasi mengingat banyaknya dokumen akreditasi yang masuk ke BAN PT, keempat prodi, termasuk Prodi PBSI harus bersiap-siap selalu. Oleh sebab itu, Dekan FBS mengatakan akan melakukan monev internal ke Prodi PBSI pada awal Oktober dan melakukan pengecekan dokumen akreditasi prodi. Sementara monev ke Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris telah lebih dulu dilakukan. Selain itu, ke Prodi Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Bahasa Prancis akan dilakukan kemudian setelah ke Prodi PBSI, mengingat masa berlaku akreditasi Prodi PBSI akan habis lebih dahulu, yaitu pada 8 November 2019. Namun, sementara menunggu status AL (assessments lapangan), Prodi PBSI memegang surat pernyataan terkini dari BAN PT mengenai status akreditasi bagi prodi yang dokumen akreditasinya masih dalam proses penilaian di BAN PT sementara masih menggunakan nilai akreditasi sebelumnya, yaitu A (nilai akreditasi Prodi PBSI tahun 2014). Surat pernyataan dari BAN PT ini akan diberikan kepada lulusan yang membutuhkan untuk keperluan mendaftar CPNS.

Selanjutnya, Prodi PBSI pada Sabtu, 28 September 2019 menyiapkan semua dokumen akreditasi dari Standar 1 hingga Standar 7 dan dipamerkan di ruangan akreditasi Prodi PBSI (yang juga merupakan ruangan guru besar prodi). Koorprodi PBSI, Koordinator Akreditasi Prodi PBSI, beserta tiga dosen Prodi PBSI, yaitu Ibu Etsa Purbarani, Ibu Reni Oktaviani, dan Bapak Nur Sekhudin bersama-sama bekerja mempersiapkan semua dokumen untuk dipamerkan. (nlm)