Pada Senin, 5 September 2016 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengawali hari dengan menyelenggarakan Kuliah Perdana bagi mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 di Aula S UNJ. Kegiatan kuliah perdana ini disajikan dalam bentuk Talkshow Alumni dengan tema “Melalui Berbagi Pengalaman Alumni, Kita Capai Tiga Profil Lulusan PSPBSI, serta Wujudkan Visi, Misi, dan Tujuan PSPBSI”. Kegiatan yang seyogianya dimulai pukul 09.00 ternyata dimulai lebih awal setengah jam karena semua peserta dan narasumber sudah hadir.

Kegiatan kuliah perdana ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FBS. Kegiatan yang dipewarai oleh M. Iqbal dan Yoan Fucshy Wardani ini berlangsung dengan kondusif dan semua kursi yang ada di Aula S terisi penuh yang menandakan semangat yang tinggi para mahasiswa untuk menyerap ilmu baru di awal perkuliahan semester 105.

Sam Mukhtar Chaniago sangat piawai memandu tiga narasumber hebat, para alumni Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Jakarta. Mereka ialah Syarifudin Yunus, M.Pd. seorang praktisi/wirausahawan di bidang pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; Dr. Agus Trianto, peneliti bidang pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia; dan Desly Wahyuni, M.Pd. guru berprestasi dan Kepala SMKN 41 Jakarta.

Kuliah perdana dengan tiga narasumber ini dipilih Prodi dengan tujuan untuk menyosialisasikan visi, misi, tujuan, dan profil lulusan PSPBSI kepada mahasiswa baru 2016. Selain itu, melalui pengalaman dari para narasumber selama menjalani kuliah sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dapat pula menguatkan keyakinan bahwa mahasiswa tidak salah pilih prodi. Dunia kerja sebagai seorang pendidik pemula, peneliti, dan wirausahawan/praktisi di bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia terbentang luas.

Kegiatan ini diselingi hiburan pembacaan puisi oleh juara 1 baca puisi tingkat DKI Jakarta, Fauzi Afriansyah dan Maya Shafira, dua mahasiswa Prodi PBSI yang menambah suasana cinta bahasa Indonesia di sela-sela talkshow. Ada pula sesi tanya jawab yang dipenuhi antusiasme peserta untuk mengorek lebih dalam kiat perencanaan yang matang agar dapat sukses dalam membagi berbagai peran di organisasi dan karier. Alumni PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan III pun turut serta menambahkan pengalamannya di sela sesi tanya jawab. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama. (Kris-NLM)