Penyambutan Mahasiswa Program Darmasiswa Republik Indonesia Tahun Akademik 2019/2020 UNJ

Pada Senin, 9 September 2019, pukul 12.00-13.30 di Kafe In, Gedung L Universitas Negeri Jakarta (UNJ) diadakan Kegiatan Penyambutan Peserta Darmasiswa Republik Indonesia (RI) UNJ Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Ibu Liliana Muliastuti, Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Ibu N. Lia Marliana, Dosen BIPA, Ibu Novietri, serta Dosen Prodi PBSI yaitu Ibu Sri Suhita, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani. Selain itu, dihadiri pula Kepala dan Staf UPT Pelayanan Bahasa UNJ.

Sebanyak sembilan mahasiswa asing peserta Program BIPA Darmasiswa RI dan dua peserta BIPA Mandiri berpartisipasi dalam acara ini. Mahasiswa asing tersebut berasal dari beberapa negara meliputi Jerman, Saudi Arabia, Korea Selatan, Rusia, Timor Leste, Laos, Pakistan, dan Belarusia. Kegiatan perkuliahan bahasa dan budaya  Indonesia bagi peserta Program Darmasiswa RI ini akan dilaksanakan selama 10 bulan. Kegiatan dimulai dari pengenalan pengajar, pemotongan tumpeng, dan makan-makan. Pada akhir kegiatan, sebelum berfoto bersama, seluruh peserta menyimak paparan serta tayangan tentang profil dosen, UNJ, dan tentang Indonesia secara global.   

Program Darmasiswa RI yang diselenggarakan oleh UPT Pelayanan Bahasa UNJ ini merupakan program belajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) bekerja sama dengan Badan Perencanaan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Program ini dibuka sejak 2006. Setiap tahunnya, penjaringan peserta Program Darmasiswa RI dilakukan melalui BPKLN. Program Darmasiswa RI di UNJ berisi kelas keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis), sastra, dan tata bahasa yang disajikan secara integratif. Program ini juga dilengkapi dengan kelas seni budaya. Para pengajar yang terlibat berasal dari Fakultas Bahasa dan Seni serta lintas fakultas di UNJ. (ro)