Silaturahmi Penyair Negeri Serta Peluncuran Buku Antologi Puisi Perempuan Bahari dan Pesisiran

Pada Selasa, 7 September 2019, pukul 09.00-selesai di Wisma Perdamaian, Semarang, sejumlah penyair dari seluruh penjuru tanah air hadir dalam kegiatan yang bertajuk Silaturahmi Penyair Negeri. Kegiatan tersebut dihadiri dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yaitu Bapak Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. Kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan Ketua Panitia, Gunoto Saparie.

Kegiatan yang biasanya diselenggarakan di Tegal tersebut, diselingi pembacaan puisi Perempuan Ombak karya Nia Samsiono serta Bapak Gendong, penyair dan budayawan. Bapak Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si., juga membacakan salah satu puisinya yang berjudul Carocok di Ambang Petang dalam peluncuran buku antologi puisi Perempuan Bahari dan Pesisiran. Kegiatan tersebut menampilkan musikalisasi puisi Perempuan Nelayan.

Kegiatan yang digagas oleh Dari Negeri Poci (DNP) ini juga menyelenggarakan ceramah dan diskusi sastra oleh Prof. Dr. Suminto A. Sayuti membahas tentang Sastra yang Menyehatkan. Kemudian dengan ceramah kepenyairan dan kesehatan oleh dr. Handrawan Nadesul memaparkan Sehat itu Murah. DNP merupakan komunitas penyair Tegal. Dari proses kreatif-kontempelatifnya, setidaknya telah terbit 9 buku antologi puisi di antaranya: DNP-1, DNP-2, DNP-3, Negeri Abal-abal, Negeri Langit, Negeri Laut, Negeri Awan, Negeri Bahari, dan Pesisiran. (ro)