FullSizeRender

Setiap tahun Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ mengadakan Rapat Peninjauan Kurikulum dan Silabus. Tahun 2016 ini, rapat tersebut dilaksanakan pada 26 Agustus 2016 pukul 12.30-17.00 WIB di Ruang Sidang JBSI UNJ. Dari 13 dosen Prodi PBSI yang diundang, hadir 10 dosen, yaitu Kaprodi PBSI, Sam Mukhtar Chaniago, Sri Suhita, Sintowati Rini Utami, Fathiaty Murtadho, Siti Ansoriyah, Edi Puryanto, Reni Nur Eriyani, Nurita Bayu Kusmayati, dan Rahmah Purwahida.

Rapat dibuka dan dipandu oleh Kaprodi PBSI. Selain membahas hasil rekonstruksi kurikulum yang terakhir dilaksanakan pada 2012 dengan berbasis KKNI, dalam rapat ini pun membahas perubahan mata kuliah KKN yang awalnya wajib bagi mahasiswa tahun ketiga, menjadi mata kuliah pilihan sehingga Prodi harus mencari mata kuliah pengganti dengan nilai sks yang sama, yaitu Media Pembelajaran dan TIK.  Selain itu, dilakukan pemetaan kerangka kurikulum 2016 dari mulai kelompok mata kuliah kebahasaan, kesastraan, PBM, penelitian, dan kemahiran, serta besaran sks pada tiap kelompok mata kuliah. Dipelajari juga sebaran MKU dan MKDK dari semester awal hingga akhir. Mata kuliah pilihan wajib pun turut menjadi pembahasan. Diperlukan substansi kewirausahaan dalam mata kuliah pilihan wajib Penyuntingan, Pewara, Penulisan  Kreatif, Kajian Bahasa dan Budaya Betawi, Teater, dan Pengajaran BIPA; sehingga tidak lagi diperlukan pembukaan mata kuliah Kewirausahaan tersendiri. Kegiatan magang juga menjadi kegiatan wajib bagi peserta mata kuliah pilihan wajib tersebut dan harus diberikan sertifikat kesertaan magang oleh prodi dengan pengesahan fakultas untuk kepentingan Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Mata kuliah Wacana dan Pragmatik juga ditinjau kembali memgingat ada substansi kajian pragmatik wacana yang belum masuk dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Hal ini berarti RPS pada semua mata kuliah terkait akan direvisi kembali sesuai dengan keputusan dalam rapat peninjauan kurikulum ini.

Materi lain yang dibahas dalam rapat kurikulum ini di antaranya persiapan Lokakarya Kaprodi pada 30 Agustus s.d. 1 September 2016. Lokakarya tersebut di antaranya membahas akreditasi, buku pedoman akademik UNJ, pangkalan data perguruan tinggi, sidos, webometrics, repositori, buku pedoman akademik 2016.

Dalam kesempatan ini, Sam Mukhtar Chaniago berbagi informasi dan wawasan tentang google scholar kepada para dosen. Beliau mencontohkan google scholar yang sudah diisi lengkap dengan data publikasi ilmiah (buku, hasil penelitian, makalah, artikel ilmiah, prosiding, dll.) yang pernah beliau lakukan sekaligus mengajak para dosen untuk membuat google scholar sendiri dan mengisi dengan karya ilmiah yang telah dihasilkan. Paparan Sam Mukhtar Chaniago sekaligus menutup rapat peninjauan kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (NLM)