Pada Jumat, 23 Agustus 2019, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PS PBSI) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ke salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Tidung. Pada kesempatan tersebut, PS PBSI mengirimkan dua kelompok pengabdian kepada masyarakat, salah satunya adalah tim Pelatihan Menulis Surat Dinas untuk Pegawai Kelurahan dan Staf Administrasi Sekolah di Kelurahan Pulau Tidung. Kelompok tersebut diketuai oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., dengan anggota kelompok yang terdiri atas satu dosen CPNS, Etsa Purbarani, M.Pd., dan dua orang mahasiswa, yaitu Asep Ricky Subagya dan Shafira.

Pelatihan Menulis Surat Dinas untuk Pegawai Kelurahan dan Staf Administrasi Sekolah di Kelurahan Pulau Tidung dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Pelatihan berlokasi di Ruang Pertemuan Kantor Kelurahan Pulau Tidung dan diikuti oleh 14 peserta dengan rincian 11 orang perwakilan dari staf administrasi Kelurahan Pulau Tidung serta tiga orang staf Tata Usaha MTs Negeri 26 Jakarta. Pelatihan dimulai dengan sambutan dari Kepala Sie Pemerintahan Kelurahan Pulau Tidung, Bapak Sahrudin, yang dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan pelatihan oleh Ketua Tim P2M sekaligus Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd. Pada sambutannya, Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd., turut menyampaikan inisiatif untuk terus menjalin kerja sama antara Universitas Negeri Jakarta dan masyarakat Pulau Tidung dalam berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan sumber daya manusia. Setelah sambutan dan pembukaan pelatihan, dilaksanakan pula penyerahan buku sumbangan kepada Kelurahan Pulau Tidung dan MTs Negeri 26 Jakarta.

Setelah dibuka, Pelatihan Menulis Surat Dinas untuk Pegawai Kelurahan dan Staf Administrasi Sekolah di Kelurahan Pulau Tidung dimulai. Pelatihan dimulai dengan tanya jawab interaktif terkait pengalaman peserta dalam aktivitas surat-menyurat dinas. Setelah berbagi pengalaman tentang surat-menyurat dinas, pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan hakikat surat dinas. Materi hakikat surat dinas yang dipaparkan adalah pengertian surat dinas yang mencakup isi, asal atau pengirim surat, dan syarat surat dinas yang ideal. Pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua, yaitu jenis-jenis surat dinas baik berdasarkan bentuk maupun isinya. Materi ketiga yang dipaparkan adalah materi tentang komponen surat dinas. Komponen surat dinas yang dipaparkan meliputi kop surat, pembuka surat, salam pembuka, alinea pembuka, alinea isi, alinea penutup, salam penutup, identitas pengirim, dan tembusan. Selanjutnya, materi keempat yang dipaparkan adalah materi mengenai penggunaan bahasa dalam surat dinas yang diikuti dengan sesi latihan. Setelah memaparkan materi keempat tentang penggunaan bahasa surat dinas yang diikuti dengan sesi latihan tentang kesalahan berbahasa, pemaparan dilanjutkan dengan materi kelima, yaitu penulisan surat dinas. Pemaparan materi pelatihan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pada sesi tersebut, peserta aktif mengajukan pertanyaan terkait penulisan dan pembaruan ejaan terhadap kata-kata serapan maupun kata yang sudah dikenal dalam bahasa Indonesia. Setelah pemaparan materi dan sesi tanya jawab selesai, Pelatihan Menulis Surat Dinas untuk Pegawai Kelurahan dan Staf Administrasi Sekolah di Kelurahan Pulau Tidung ditutup pada pukul 16.30 WIB oleh Kepala Sie Pemerintahan Kelurahan Pulau Tidung. (et)