Pada Selasa, 6 Agustus 2019, pukul 08.00-12.30 di Aula Bung Hatta Lantai 2 Gedung Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan International Conference on Education, Language, and Society (ICELS). Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Ibu N. Lia Marliana dan Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) yaitu Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemutaran video konferensi ICELS. Sambutan dari Plt. Rektor UNJ, Bapak Prof. Intan Ahmad, Ph.D. Sambutan dan pembicara utama, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pembelajaran dan Kemahasiswaan Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Pembicara dalam acara ini yaitu Plt. Rektor UNJ, Bapak Prof. Intan Ahmad, Ph.D., dan Plt. Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A. Materi yang disampaikan mengenai literasi.

Narasumber sesi paralel dalam kegiatan tersebut yaitu Prof. Dr. Sukree Langputeh dari Fatoni University, Thailand, Dr. Mohd Aidil Subhan Bin Mohd Sulor dari National Institute of Education Nanyang Technological University Singapore, dan Prof. James T. Collins dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Materi yang dipaparkan mengenai hubungan antara pembelajaran bahasa dengan perkembangan sains dan teknologi beserta penerapannya. Selain itu, dijelaskan pula timbal balik antara pembelajaran bahasa dengan perkembangan sains dan teknologi serta sebaliknya. Enam pembelajaran bahasa yang dapat mengakomodasi perkembangan sains dan teknologi juga dibicarakan dalam kegiatan tersebut. Tanya jawab dilakukan setelah pemaparan materi dari narasumber. Sesi pemakalah pendamping dilaksanakan pukul 13.00-17.00. (ro)