Pada Senin-Selasa, 29-30 Juli 2019, pukul 08.00-16.00 di Ruang Rapat Besar Gedung Bung Hatta Lantai 5, Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Seminar dan Lokakarya Pendekatan Systemic Functional Linguistic untuk Pengembangan Critical Literacy. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Direktur Program Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA. Moderator kegiatan ini yaitu Dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd. Hadir juga Dosen Prodi PBSI, Ibu Rahmah Purwahida dan Ibu Reni Oktaviani sebagai peserta dalam kegiatan tersebut. Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 96 orang.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan dari Plt. Direktur Program Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Ilza Mayuni, MA. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Emi Emilia, M.Ed., Ph.D., dan Dosen Lingustik Terapan dan Pendidikan Bahasa UNJ, Siti Wachidah, Ph.D.

Pemaparan materi mengenai pengembangan literasi kritis melalui analisis linguistik fungsional sistemik. Hal ini mencakup literasi kritis, penguasaan makna teks, dan belajar melalui pengamatan. Makna eksperiensial juga dijelaskan dalam kegiatan tersebut. (ro)