Pada 18-20 Juli 2019, Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Koorprodi PBSI) FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana mengikuti kegiatan TOT Calon Penyelia UKMPPG di Hotel Milenium Jakarta, bersama dengan Koorprodi PLB FIP, Koorprodi Pendidikan Geografi FIS, Korpus PPL/PKL UNJ, Koorprodi Tataboga FT, dan Korpus Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M UNJ. Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Panitia Nasional UKMPPG Bapak Syawal Gultom ini diselenggarakan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti. Paparan Bapak Syawal Gultom mengenai Standar Guru Profesional dan Pelaksanaan PPG hingga sore hari yang dilanjutkan materi Standar Penyelia dan Penugasan Kajian Buku Panduan UKMPPG (Panduan Umum, Panduan Persiapan dan Pelaksanaan, Panduan Peserta, dan Panduan Penjaminan Mutu) oleh Ibu Suryanti dan Ibu Kisyani Laksono
membuat para peserta menjadi tercerahkan dan tetap bersemangat walau kegiatan hingga pukul 22.30.

Sebanyak 89 peserta dari 12 LPTK dan 16 IAIN di Indonesia ini terlibat bekerja kelompok menyelesaikan dua tugas dari para narasumber, yaitu mereview semua Buku Panduan dan Petunjuk Teknis UKMPPG, serta semua instrumen penilaian dan berita acara. Dua belas kelompok selama beberapa jam berdiskusi tentang semua tugas yang diberikan. Ibu N. Lia Marliana berkesempatan menjadi ketua kelompok dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Setelah setiap kelompok presentasi, para narasumber memberikan umpan balik.

Kegiatan yang sangat padat ini pun berakhir pada hari ketiga 20 Juli 2019, walaupun telah ditutup lebih awal pada 19 Juli 2019 malam dengan pengumuman kelulusan para peserta menjadi Penyelia Pusat di bawah koordinasi Panitia Nasional UKMPPG. Pemberian sertifikat pun dilakukan pada pukul 22.00 oleh panitia. Selanjutnya, para peserta yang telah lulus menjadi Penyelia Pusat UKMPPG ini akan mulai bertugas pada Agustus dan seterusnya sepanjang dilaksanakan kegiatan UKMPPG di seluruh Indonesia. (nlm)