Pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar Semester Gasal 111 Tahun 2019 Fakultas Bahasa dan Seni

Pada Rabu, 17 Juli 2019, pukul 08.30-11.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 8, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) Semester Gasal 111 Tahun 2019 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Kegiatan ini dihadiri Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni, Bapak Dr. Ifan Iskandar, M.Hum., Kepala Pusat Unit Pelaksana Teknis Program Pengalaman Lapangan Praktik Kerja Lapangan UNJ, Dr. Gusti Yarmi, M.Pd., Koordinator PKM FBS, Ibu Ratna, S.Pd., M.Hum., Koordinator PKM Fakultas Ilmu Pendidikan, Endang Wahyudiana, M.Pd., Koordinator Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)  Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), para dosen PKM FBS, para dosen PKM Prodi PBSI di antaranya: Ibu Sri Suhita, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida, dan seluruh peserta PKM FBS UNJ. Hadir pula dosen Prodi PBSI, Ibu Reni Oktaviani.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Guru. Sambutan dari Koordinator PKM FBS. Pembukaan kegiatan ini oleh Wakil Dekan I FBS. Beliau memaparkan tiga literasi penting yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan dalam industri 4,0.

Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Koordinator PKM Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Endang Wahyudiana, M.Pd. Prodi yang mengikuti kegiatan PKM ini yaitu  Prodi PBSI, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan Prodi Pendidikan Tari. Sebanyak 436 mahasiswa, 92 dosen pembimbing, dan 92 sekolah yang terlibat dalam PKM ini. Kehadiran dosen pembimbing dalam kegiatan ini yaitu minimal 4 kali dan maksimal 8 kali. (ro)