Pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar Prodi PBSI

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Selasa, 16 Juli 2019, pukul 13.00-16.00, di Aula DE UNJ mengadakan Pembekalan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koordinator Prodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.)., Ketua PKM Prodi PBSI, Ibu Reni Nur Eriyani, M.Pd., dan dosen prodi PBSI, Ibu Reni Oktaviani, M.Pd.

Kegiatan PKM ini diawali dengan sambutan dari Koorprodi PBSI. Acara dibuka Koordinator PKM FBS, Ibu Ratna, S.Pd., M.Hum. Narasumber dalam kegiatan ini yaitu Kepala Divisi Konseling di UPT LBK UNJ, Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ, Ibu Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd. Materi yang disampaikan mengenai guru sebagai tenaga professional yang berarti mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Selain itu, peran guru dalam proses pembelajaran meliputi mediator, fasilitator, dan evaluator. Guru yang baik adalah guru yang SEHAT (super, empati, hangat, akrab, dan tersenyum).

Pembekalan PKM juga disampaikan oleh Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.)., dan Ibu Reni Nur Eriyani, M.Pd. Sebanyak 68 mahasiswa yang mengikuti PKM Prodi PBSI meliputi angkatan 2016 terdapat 67 mahasiswa, angkatan 2015 terdapat 1 mahasiswa, tersebar di 14 sekolah dan dibimbing oleh 10 dosen. Pembekalan PKM Prodi PBSI ini rutin dilakukan setiap menjelang Pembekalan dan Pelepasan PKM FBS dan UNJ pada semester gasal. (ro)