Seni Berbicara Melalui Keterampilan Berbicara Interaktif

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Rabu, 3 Juli 2019, pukul 08.00-15.00, di Aula Maftuhah Yusuf Lantai 2, Gedung Dewi Sartika mengadakan Seminar Keterampilan Menulis dan Berbicara di Era Digital (Sketsa Idea). Seminar tersebut dihadiri oleh Dosen pengampu Keterampilan Berbicara Interaktif, Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. dan Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Selain itu, hadir pula dosen prodi PBSI yaitu Ibu Etsa Purbarani, M.Pd.

Acara dimulai dengan alunan musik yang dibawakan oleh Hendy dan Hadi. Pewara dalam seminar tersebut adalah Alvi dan Dede. Seminar ini bagian dari mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif. Setiap mahasiswa 2PB1 wajib presentasi. Materi yang dipaparkan meliputi: Berbicara Sebagai Seni, Berbicara di Depan Umum, danĀ  Industri Kreatif Berbasis Bahasa dan Sastra Melalui Keterampilan Berbicara.

Slogan seminar ini yaitu mahir menulis mahir berbicara. Penampilan musikalisasi oleh Dendang Sore memeriahkan acara ini. Ice breacking juga dilakukan untuk memberikan semangat kepada audiensi. Narasumber dalam seminar ini adalah Youtuber dan Konsulltan Konten Internet, Eno Bening. Sesi tanya jawab pun berlangsung dengan meriah. Pemberian cendera mata kepada narasumber dan foto bersama. Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan puisi dari DosenĀ  Prodi PBSI, Bapak Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. (ro)