Pada Senin, 1 Juli 2019, pukul 08.00-15.00, di Aula Maftuhah Yusuf Lantai 2, Gedung Dewi Sartika, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan Seminar Kawula Muda di Era Digital (Samudera).  Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.), Dosen pengampu Keterampilan Berbicara Interaktif, Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., dan Dosen Prodi PBSI, Ibu Reni Oktaviani, M.Pd. Seminar ini diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana kemudian sambutan Koorprodi PBSI. Kegiatan ini bagian dari mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif. Seminar yang diadakan oleh mahasiswa 2PB3 ini memiliki jargon Milenial Siap Berkarya.

Kegiatan ini memaparkan materi mengenai: Berkomunikasi dengan Sastra di Media Sosial, Peran Era Digital dalam Berkarya Masa Kini, Pengaruh Media Sosial sebagai Media Berkarya, dan Perspektif Nilai Pendidikan dalam Sastra Digital. Setiap pemaparan materi dilakukan secara berkelompok. Sesi tanya jawab dibuka setelahnya. Sebelum presentasi kelompok terakhir, ice breacking dilakukan untuk memberikan semangat kepada audiensi.

Di siang harinya, acara inti dilaksanakan dengan narasumber Penulis Perkataka, Yusuf Hamdhani, dan Penulis Hujan Mimpi, Stefani Bella. Para penulis tersebut membuat cerita dari wattpad lalu ke instagram sehingga menjadi sebuah buku. Tanya jawab juga dilakukan dalam sesi ini. Pemberian cendera mata kepada narasumber dan foto bersama mengakhiri kegiatan ini. (ro)