Pada Kamis, 27 Juni 2019, pukul 09.00-13.00, di Aula Perpustakaan Lantai 1, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Seminar Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Indonesia Singapura (SIS). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.). Selain itu, hadir pula dosen prodi PBSI antara lain: Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani.

Pemandu acara dalam seminar ini yaitu Ali Topan dan Siti Balqis. Seminar ini diawali dengan pembacaan Kalam Ilahi dan Saritilawah oleh Imaduddin dan Noval dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Pelaksana yaitu Noval. Pengarahan aktivitas KKL oleh Elsa. Kemudian, sambutan Koorprodi PBSI dan secara langsung beliau mengecek kehadiran mahasiswa 3PB1 dan 3PB2. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah yang memiliki bobot 1 Satuan Kredit Semester (SKS).

Dalam seminar tersebut, setiap kelompok mempresentasikan hasil KKL di Sekolah Indonesia Singapura. Kelompok 1 yang tampil membicarakan tentang Kurikulum. Dalam pemaparannya, di SIS, Bahasa Indonesia menjadi bahasa ketiga setelah Bahasa Inggris dan Bahasa Melayu. Kelompok 2 memaparkan Buku Ajar, sedangkan kelompok 3 mengenai Model Pembelajaran. Dilanjutkan dengan kelompok 4 Sarana dan Prasarana serta kelompok 5 membahas Microteaching. Kelompok 6 mengenai Penilaian dan Evaluasi. Kelompok terakhir tentang Minat Baca Sekolah Indonesia Singapura. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama. (ro)