Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengadakan Seminar Paparan Seni Komunikasi dalam Beredukasi (Parodi) pada Rabu, 26 Juni 2019, pukul 08.00-15.00, di Aula Latief Hendraningrat Lantai 2, Gedung Dewi Sartika, UNJ. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.). dan Dosen pengampu Keterampilan Berbicara Interaktif, Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. Selain itu, dosen prodi PBSI antara lain: Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani juga hadir dalam seminar tersebut.

Pewara dalam seminar tersebut adalah Wandi dan Indira. Seminar ini diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana kemudian sambutan dari Koorprodi PBSI. Kegiatan ini bagian dari mata kuliah Keterampilan Berbicara Interaktif. Setiap mahasiswa 2PB2 wajib presentasi. Materi yang dipaparkan meliputi: Pembawa Berita dan Reportase, Public Speaking, Stand Up Comedy, dan Jurnalistik. Setiap pemaparan materi dilakukan secara berkelompok. Sesi tanya jawab dibuka setelahnya.

Slogan seminar ini yaitu pagelaran seni komunikasi ada di sini. Di sesi dua, penampilan musikalisasi puisi yang berjudul Doa Seorang Serdadu Sebelum Berperang dan Materi-Materi oleh mahasiswa UNJ. Dilanjutkan dengan ice breacking untuk memberikan semangat kepada audiensi. Seminar ini disponsori oleh Eka Bindo dan Data Cita. Pembagian cendera mata dari sponsor kepada sepuluh peserta.

Acara inti dengan narasumber dilaksanakan di siang hari. Moderator acara ini yaitu Nadine. Narasumber dalam seminar ini adalah Kiky Saputri (Bocil) dari Stand Up Comedy yang juga merupakan alumni UNJ. Sesi tanya jawab pun berlangsung dengan meriah. Pemberian cendera mata kepada narasumber dan foto bersama mengakhiri kegiatan ini. (ro)