Dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) menyelenggarakan Gelar Wicara Bersama Alumni Tentang Peran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Industri Kreatif pada Selasa, 18 Juni 2019, pukul 09.00-12.30 di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi (BEMP) PBSI yaitu Muhammad Reza. Kemudian sambutan Koordinator Prodi PBSI Ibu N. Lia Marliana. Dilanjutkan dengan sambutan dan acara dibuka oleh Dekan FBS UNJ, Ibu Liliana Muliastuti. Tampak hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan II, Ibu Dian Herdiati. Selan itu, para dosen Prodi PBSI FBS UNJ juga ikut berpartisipasi di antaranya: Prof Endry Boeriswati, Ibu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Reni Nur Eriyani, Bapak Edi Puryanto, Ibu Rahmah Purwahida, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani.

Moderator Gelar Wicara ini, Dosen Prodi PBSI, Bapak Nur Sekhudin. Narasumber kegiatan ini yaitu Sutradara Dunia Terbalik, Bapak Iip Sariful Hanan, serta Ketua Ika Bindo dan Pendiri TBM Lentera Pustaka, Bapak Syarifudin Yunus,. Acara ini merupakan agenda tahunan BEMP PBSI. Tahun-tahun sebelumnya, acara ini dinamakan Diskusi Ilmiah Mahasiswa (Disma). Tahun ini formatnya diubah menjadi Gelar Wicara.

Kegiatan ini diselingi pembacaan puisi oleh dosen Prodi PBSI, Bapak Sam Mukhtar Chaniago. Dua narasumber berbagi pengalaman mengenai masa perkuliahan dan riwayat profesional dalam industri kreatif dilanjutkan tanya jawab antara narasumber dan peserta. Pada akhir kegiatan, pemberian cendera mata novel yang berjudul Tanpa Kata karya Prof Endry Boeriswati serta antologi puisi karya Bapak Sam Mukhtar Chaniago kepada peserta yang bertanya dan berfoto bersama. (ro)