Bimbingan Teknis Hybrid Learning Program PPG dalam Jabatan Tahap IV Universitas Negeri Jakarta

Bimbingan Teknis (Bimtek) Hybrid Learning Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahap IV Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan Selasa, 11 Juni 2019 di Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana Lantai 2. Bimtek ini dilaksanakan pukul 09.00-12.00. Sambutan dilakukan oleh Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Bapak Dr. Riyadi. Materi bimtek ini dipaparkan Bapak Dr. Khaerudin, Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M UNJ.

Kegiatan ini dihadiri Ibu N. Lia Marliana, Koordinator Program Studi (Koorprodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Ibu Siti Ansoriyah, Koordinator PPG tahap IV. Selain itu juga dihadiri dosen-dosen PBSI yaitu Ibu Sri Suhita, Ibu Sintowati Rini Utami, Bapak Edi Puryanto, Ibu Reni Nur Eriyani, Ibu Rahmah Purwahida, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani. Para mahasiswa PPG Daljab dari 10 mata pelajaran di UNJ hadir mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. Peserta bimtek Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebanyak 32 mahasiswa. Sebagian besar guru DKI Jakarta yang mengikuti bimtek tahap IV ini.

Kriteria penetapan kelulusan Program PPG mengacu pada pasal 21 ayat (2) Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru, bahwa penilaian terhadap proses dan hasil belajar mahasiswa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: (a) penilaian, proses, dan produk pengembangan perangkat pembelajaran, (b) proses dan produk PPL, (c) uji kompetensi, dan (d) penilaian kehidupan bermasyarakat di asrama/sarana. Masa studi PPG tahap IV selama lima bulan. (ro)