Lokakarya Cipta dan Baca Puisi bagi Mahasiswa BIPA Program Darmasiswa RI Se-DKI Jakarta dengan Blended Learning

Dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNJ menyelenggarakan Lokakarya Cipta dan Baca Puisi bagi Mahasiswa BIPA Program Darmasiswa RI Se-DKI Jakarta dengan Blended Learning pada Selasa, 21 Mei 2019, pukul 09.00-13.00 di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika Lantai II UNJ.  Kegiatan yang terselenggara dengan kerja sama antara Prodi PBSI FBS UNJ, UPT Pelayanan Bahasa UNJ, dan Afiliasi Pegiat dan Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jakarta Raya (Jaya) ini dibuka secara resmi oleh Ketua APPBIPA Jaya, Bapak Totok Suhardijanto. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan lokakarya ini. Sebelumnya, Koordinator Prodi PBSI Ibu N. Lia Marliana menyampaikan laporan kegiatan kepada Bapak Totok dan segenap yang hadir. Tampak hadir pula dalam pembukaan lokakarya, Kepala UPT Pelayanan Bahasa Ibu Widya Parimita dan para dosen PBSI FBS UNJ di antaranya: Ibu Sintowati Rini Utami, Bapak Nur Sekhudin, dan Ibu Reni Oktaviani.

Kegiatan lokakarya ini sebelumnya telah dimulai pada 14 Mei 2019 dengan kegiatan dalam jaringan (daring) cipta dan baca puisi. Dibuka kelas daring bagi 32 mahasiswa Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) peserta Program Darmasiswa RI dari lima perguruan tinggi di DKI Jakarta, yaitu UNJ, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Sekolah Tinggi Bahasa Asing Lembaga Indonesia Amerika (STBA LIA). Semua peserta yang mengikuti kelas daring berasal dari berbagai negara, yaitu Cina, Korea Selatan, Jepang, Kazakstan, Thailand, Malaysia, Filipina, India, Meksiko, dan Jerman. Kelas daring ini dipandu oleh Ibu Etsa Purbarani, dosen Prodi PBSI FBS UNJ, sementara kelas tatap muka dalam bentuk lokakarya melibatkan narasumber Ibu Sri Suhita (dosen Prodi PBSI FBS UNJ), Ibu Marlina (dosen BIPA di UPT Pelayanan Bahasa UNJ), dan Ibu Rahmi Yulia Ningsih (dosen BIPA di Universitas Binus Jakarta). Para peserta lokakarya ini didampingi oleh para dosen dari perguruan tinggi masing-masing yang turut mengantar mahasiswa peserta lokakarya ke Aula Maftuhah Yusuf di UNJ.

Dalam kegiatan ini diselingi pembacaan chorus serta musikalisasi puisi dari mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 Prodi PBSI FBS UNJ. Setelah sesi pemaparan materi oleh tiga narasumber, dilakukan praktik cipta puisi dan baca puisi oleh para peserta dipandu para narasumber. Secara bergiliran, beberapa peserta maju tampil membacakan puisi karya sendiri. Ketiga narasumber kemudian memilih dua peserta terbaik yang telah menghasilkan puisi terbaik dan berani membacakannya di depan hadirin dengan baik pula. Kemudian terpilih peserta terbaik dari UI bernama Amihan Ceres T. Ruiz (Filipina) dan dari UIN Syarif Hidayatullah bernama Prabhanshu Sharma (India). Keduanya mendapat cendera mata wayang golek dari Prodi PBSI FBS UNJ yang diberikan oleh para narasumber lokakarya. Pada akhir kegiatan, semua peserta berfoto bersama di galeri foto yang telah disediakan di luar aula, sambil memperlihatkan sertifikat kesertaan lokakarya masing-masing dengan penuh kebanggaan. (nlm-ro)