Bimbingan Teknis Hybrid Learning Program PPG dalam Jabatan Tahap III Tahun 2019 Universitas Negeri Jakarta

Setelah enam bulan ini Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ mempersiapkan dokumen akreditasi prodi, kini kembali Prodi PBSI terlibat dalam pengelolaan akademik kelas Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (Daljab) Tahap III. PPG Daljab Tahap I dan II telah berlangsung tahun lalu pada Juli-November sebanyak total 74 mahasiswa. Pada 2019 ini, di tahap ketiga, Prodi PBSI mendapat 30 mahasiswa PPG Daljab Bahasa Indonesia. Semua mahasiswa diundang mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hybrid Learning PPG Daljab Tahap III di Aula Bung Hatta, Gedung Pascasarjana Lantai 2, UNJ pada Sabtu, 4 Mei 2019, pukul 08.30-12.00.

Sebanyak 320 mahasiswa PPG Daljab dari 10 mata pelajaran di UNJ hadir mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. Di antara yang hadir ini terdapat 30 mahasiswa mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mengajar di wilayah DKI Jakarta. Tampak hadir dalam kegiatan Bimtek, yaitu Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana bersama Koordinator PPG Daljab, Ibu Siti Ansoriyah, para instruktur PPG dari Prodi PBSI (Ibu Sri Suhita, Ibu Sintowati Rini Utami, Bapak Edi Puryanto, Ibu Reni Nur Eriyani), helpdesk Prodi PBSI Ibu Rahmah Purwahida, Ibu Etsa Purbarani, dan Ibu Reni Oktaviani.

Kegiatan Bimtek Hybrid Learning PPG Daljab Tahap III UNJ ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris LP3M UNJ Bapak Dr. Riyadi, M.T. Setelah itu, kegiatan ini dipandu oleh Koordinator Pusat Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M UNJ, Bapak Dr. Khaerudin, M.Pd. Beliau memaparkan tentang pendidikan dan menjadi pendidik di era Revolusi Industri 4.0. Bapak Khaerudin juga menjelaskan tentang konsep dan kurikulum Pendidikan Profesi Guru Daljab kepada semua peserta Bimtek yang berpakaian putih hitam ini.

Narasumber juga memaparkan bahwa PPG bukan pelatihan melainkan pendidikan formal. Sertifikasi guru dilakukan melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan PPG. Profil lulusan program studi PPG ini akan menjadi guru profesional yang menguasai materi ajar, berkarakter dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi dan menjadi teladan, memiliki penampilan memesona, berwibawa, tegas, ikhlas, serta disiplin yang mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Selain itu, profil lulusan program ini sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan, serta dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. Berdasarkan penjelasan beliau, kegiatan pembelajaran daring akan dimulai pada Senin, 6 Mei 2019 selama 3 bulan, dilanjutkan lokakarya tatap muka selama 3 minggu (2-22 Agustus 2019), kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) selama 3 minggu (26 Agustus-14 September 2019), lalu diakhiri dengan Uji Kinerja (Ukin) pada 16-20 September 2019 dan Uji Pengetahuan (UP) Uji Kompetensi Guru (UKM) PPG Tahap 3 pada 28-29 September 2019. (nlm-ro)