Peningkatan Mutu Perkuliahan Penyuntingan Prodi PBSI FBS UNJ

Kamis, 25 April 2019, pukul 13.00-16.00, di Gedung Q, Ruang Baca Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dilaksanakan Lokakarya Penyuntingan di Media Massa dalam rangka peningkatan mutu perkuliahan Penyuntingan. Hal ini dalam rangka mencapai visi, misi, dan profil lulusan yang ketiga yaitu menjadi wirausahawan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Penyuntingan yang diajarkan oleh Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil (Ling) dan Ibu Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.

Narasumber kegiatan penyuntingan ini adalah Suprianto Annaf, M.Pd., Redaktur Bahasa Harian Media Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu N. Lia Marliana, Koordinator Program Studi (Koorprodi) PBSI dan Koordinator Laman Prodi PBSI FBS UNJ. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Reni Oktaviani, dosen Prodi PBSI FBS UNJ. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 23 mahasiswa.

Kegiatan inti diawali dengan pemaparan topik mengenai Kreatif Menyunting Bahasa oleh narasumber. Hakikat menyunting berita, syarat sebagai editor bahasa, dan langkah menyunting berita di media massa dipaparkan secara jelas dan mudah dipahami mahasiswa. Semua mahasiswa tingkat 4 PBSI antusias menyimak pemaparan yang disampaikan. Setelah penjelasan materi, narasumber memberikan tes berupa kata baku dan menyunting beberapa kalimat. Selesai mengerjakan soal-soal tersebut, mereka bersama-sama memperbaikinya. Tidak hanya memberikan materi tentang penyuntingan, narasumber juga melatih mahasiswa untuk menyunting tulisan dengan baik, benar, dan cepat.

Kegiatan akhir dalam penyuntingan ini, Koorprodi PBSI mengajak para mahasiswa untuk merefleksi kegiatan tersebut. Tiga mahasiswa menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk lebih menguasai teori-teori dasar dalam penyuntingan dan mengaplikasikannya. Selain itu, mereka juga terinspirasi dan termotivasi dari pengamalan pribadi narasumber sebagai editor bahasa. Kemudian, kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan sertifikat dosen tamu kepada narasumber oleh Koorprodi PBSI. Selain itu, sesi berfoto bersama narasumber, dosen, dan seluruh mahasiswa dilakukan di depan Gedung Q PBSI FBS UNJ. (ro)