Pekan Prestasi Indonesia “Junjung Sportivitas dan Berkreasi Tanpa Batas”

Selama tiga hari berturut-turut, mulai dari tanggal 10 April 2019 hingga 12 April 2019, Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (BEM PPBSI) FBS UNJ menyelenggarakan kegiatan Pekan Prestasi Indonesia (BEMP PBSI mengakronimkan menjadi “Pepsi”). Sebanyak 12 tangkai lomba berhasil dilakukan dengan melibatkan mahasiswa dari Prodi PBSI dan luar Prodi PBSI, yaitu:

  1. Lomba Baca Puisi
  2. Penulisan Lakon
  3. Penulisan Puisi
  4. Penulisan Cerpen
  5. Desain Poster
  6. Tenis Meja
  7. Nyanyi Solo
  8. Vokal Grup
  9. Fotografi
  10. Komik Strip
  11. Nyanyi Dangdut
  12. Nyanyi Pop/Hiburan

Para juri yang terlibat ialah para dosen, alumni Prodi PBSI FBS UNJ, dan dari luar Prodi PBSI FBS UNJ. Kegiatan Pekan Prestasi Indonesia ini dilaksanakan di tiga tempat, yaitu Puri Lingua, Gedung Q, dan Aula Latif Hendraningrat UNJ.

Kegiatan lomba-lomba dalam ajang Pekan Prestasi Indonesia sendiri dilaksanakan di Aula Latief Hendraningrat UNJ dan Gedung Q UNJ dengan melibatkan juri di antaranya Ibu Sri Suhita, Ibu Rahmah Purwahida, Bapak Nur Sekhudin, Ibu Etsa Purbarani, Ibu Marlina, Bapak Ahmad Mulyadi, Kak Ruth, Kak Suhendy, dan Kak Nuryati.

Acara pembukaan Pekan Prestasi Indonesia telah dilaksanakan di Puri Lingua pada Rabu, 10 April 2019 sore dan dibuka oleh Koorprodi PBSI FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana, dimulai semua kegiatan pembukaan acara dan ada penampilan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh mahasiswa kelas 1 PB 1 Prodi PBSI, dilanjutkan kegiatan lomba tenis meja di Gedung Q 107 dan baca puisi di Gedung Q 105. Pada 11 April 2019 dilaksanakan lomba vokal grup di Gedung Q 102 dengan melibatkan Ibu Etsa Purbarani.

Kegiatan penutupan Pekan Prestasi Indonesia dilaksanakan di Aula Latief Hendraningrat UNJ pada hari Jumat, 12 April 2019 sore. Pada kesempatan ini, disuguhkan banyak penampilan dalam acara penutupan, yaitu penampilan dari Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Prodi Pendidikan Bahasa Prancis, Bengkel Sastra, dan Musikalisasi Puisi oleh Teater Zat. Setelah semua penampilan selesai lalu disambut dengan acara pengumuman lomba, yaitu lomba Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, Fotografi, Desain Poster, Komik Strip, dan Tenis Meja. Sebelum ditutup oleh Dosen Pembimbing BEMP PBSI, Ibu Rahmah Purwahida, terdapat penampilan dari seluruh pemenang lomba.

Pekan Prestasi Indonesia tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. BEMP PBSI FBS UNJ sebagai penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Bahasa dan Seni dan Prodi PBSI FBS UNJ. Ucapan terima kasih khusus disampaikan kepada para dosen Prodi PBSI yang telah turut menyumbang dana, tenaga, dan motivasi yang tiada henti kepada BEMP PBSI, terutama kegiatan Pekan Prestasi Indonesia ini. (Rio)