Sore hari selesai perkuliahan sesi keempat, pada Selasa, 9 April 2019, pukul 16.30-18.00 di ruangan kelas Q.105 dilaksanakan kegiatan pembekalan pra-Praktik Keterampilan Mengajar (PKM). Kegiatan ini disampaikan oleh Koordinator PKM Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, Ibu Reni Nur Eriyani kepada 68 mahasiswa Prodi PBSI angkatan 2016 yang akan melaksanakan PKM pada Juli mendatang.

Pada kesempatan ini, mahasiswa diarahkan untuk segera menetapkan sekolah lokasi PKM dan memberikan surat permohonan PKM ke sekolah. Mahasiswa diminta mulai mempersiapkan diri untuk menjalani PKM selama satu semester ke depan. Mahasiswa dijelaskan hal-hal yang harus diperhatikan selama menjadi mahasiswa PKM dan yang harus dikerjakan. Semua mahasiswa menyimak penjelasan Koordinator PKM Prodi PBSI ini. Tampak hadir sejenak, Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana menambahkan data sekolah yang dianjurkan dan yang tidak direkomendasikan. Koorprodi PBSI bertepatan waktunya sedang memberikan pengarahan kepada mahasiswa angkatan 2013 dan 2012 yang sedang menyusun skripsi sehingga tidak dapat lama menemani Ibu Reni dalam pembekalan pra-PKM sore itu.

Pada semester mendatang, sebanyak 68 mahasiswa angkatan 2016 Prodi PBSI FBS UNJ akan menjalani kegiatan PKM di sekolah mitra. Dalam jumlah sedemikian besar, dipastikan terdapat 14 kelompok PKM akan tersebar di 14 sekolah mitra. Hal ini berarti akan melibatkan sedikitnya 7 hingga 14 dosen Prodi PBSI. Jika seorang dosen membimbing dua sekolah,  berarti Prodi PBSI hanya akan melibatkan 7 dosennya. Sementara, ke depan, tidak hanya PKM mahasiswa reguler saja yang perlu bimbingan, tetapi akan ada pula mahasiswa peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG Daljab) yang juga akan melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah mitra. (nlm)