Dalam rangka program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mahasiswa angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Neger i Jakarta (UNJ), sebanyak 70 mahasiswa dan 4 dosen Prodi PBSI melakukan Temu Sastrawan Nusantara ke Bandar Bersejarah Malaka pada Jumat, 15 Maret 2019 mulai pukul 08.30-10.30. Kegiatan ini dilaksanakan di tepi River Cruise Malaka, tempat wisata bersejarah di Malaysia.

 

Pada kesempatan ini, pihak tuan rumah ialah Ziarah Karyawan Nusantara, (ZKN) yang diketuai oleh Yassin Saleh bekerja sama dengan PAKSI Rakyat dan Persatuan Penulis Negeri Malaka (Penama). Pihak tuan rumah juga mengundang Syarifudin Arifin  Presiden Ziarah Kesenian Indonesia. Selain Presiden ZKN, Presiden ZKI, Ketua Penama yaitu  Cikgu Nawawi juga menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang sebagai pihak tuan rumah kepada rombongan dari PSPBSI FBS UNJ. Sayangnya Direktur PAKSI Rakyat, Samsudin Usman berhalangan hadir karena sakit.

 

Koorprodi PBSI, N. Lia Marliana menyampaikan sambutan ucapan terima kasih kepada pihak tuan rumah dan manajemen River Cruise Malaka yang telah menyediakan tempat kegiatan dan memberikan penerimaan yang hangat dan luar biasa kepada rombongan PSPBSI FBS UNJ. Bersama Koorprodi, turut serta Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd., Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Drs. Sam Mukhtar Chan, M.Si. beserta istri (Dr. Tuti Tarwiyah). N. Lia Marliana, Sam Mukhtar Chan, dan Tuti Tarwiyah berkesempatan membacakan puisi di atas pentas. Sementara Endry Boeriswati tampil menceritakan proses kreatifnya dalam novel beliau yang berisi kisah di Malaka. Sebelum berakhir pada pukul 10.30, lima perwakilan mahasiswa pun maju membacakan puisi di atas pentas. (nlm)