Rapat Persiapan Akreditasi Prodi di UNJ dengan Borang Lama

Pada Jumat, 22 Februari 2019, pukul 09.30-12.00 di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 4 UNJ berkumpul para koordinator program studi (koorprodi) dari 22 program studi di UNJ bersama dengan 

koordinator dan sekretaris GPJM dari lima fakultas di UNJ. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pun turut serta dalam rapat ini. Tampak hadir, Koordinator GPJM FBS Ibu Ati Sumiati beserta sekretaris GPJM FBS Ibu Helena Limbong. Hadir pula Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ibu N. Lia Marliana, Koorprodi Pendidikan Bahasa Prancis Ibu Sri Harini, Plt. Koorprodi Sastra Indonesia Ibu Siti Gomo Attas beserta ketua akreditasi prodi Bapak Irsyad Ridho, dan Koorprodi Pendidikan Bahasa Mandarin Ibu Wika.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LP3M UNJ Bapak Dr. Totok Bintoro, yang menyampaikan bahwa saat ini LPJM dan GPJM akan mendampingi prodi-prodi untuk mengajukan akreditasi dengan borang lama. Mengingat nilai akreditasi UNJ mendapat B sehingga semua prodi harus berupaya bernilai A untuk meningkatkan peringkat akreditasi UNJ.

 

Sebelumnya paparan Ibu Dr. Siti Nurjanah Ketua LPJM UNJ, bahwa semua prodi yang sedang mengajukan akreditasi 

harus mempelajari: 1) Tata cara menyusun borang lama; 2) Tata cara mempersiapkan visitasi. Sebaiknya Prodi harus memiliki ruang akreditasi yang  permanen sebagai tempat dokumen dan memiliki lemari khusus tempat dokumen. 

Selanjutnya rapat dipandu oleh Ibu Siti Wakhidah, Ph.D. yang menjelaskan matriks penilaian borang akreditasi tiap standar. Bu Wakhidah menyarankan prodi harus mengejar poin-poin yang bernilai besar dahulu untuk dikerjakan dengan maksimal. Redaksi bahasa dalam borang pun jangan seperti novel, harus intinya saja sehingga memudahkan asesor dalam membacanya, mencermatinya, dan menilai. TS terakhir data yaitu Juli 2018 semester 108. Dokumen bukti fisik sebaiknya langsung dalam bentuk softcopynya. Saat visitasi sebaiknya disiapkan 2 LCD, satu untuk asesor, 1 untuk auditor. Dalam Laporan Evaluasi Diri, (LED) ada kelemahan dan kelebihan. Ada upaya. Ada Pengembangan. Dalam satu standar diperkirakan cukup 5-6 halaman saja. LED harus jujur, terbuka, dan sistemik. Semua dosen prodi harus  bekerja setiap hari dan lembur mengingat waktu unggah awal-tengah maret sudah dekat. Bakal ada banjir kiriman borang dari semua prodi se-indonesia. Oleh sebab itu, pengunggahan borang jangan di akhir Maret. (nlm)