Rapat Persiapan Akreditasi Program Studi

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) saat ini tengah mempersiapkan pengajuan reakreditasi prodi menjelang berakhirnya masa akreditasi Prodi PBSI pada 8 November 2019 nanti. Oleh sebab itu, beberapa rapat kerja akreditasi pun telah dilakukan Prodi PBSI dengan narasumber Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. sebagai reviewer internal Prodi PBSI FBS UNJ, selain beliau juga merupakan dosen di prodi ini. Selain itu, Gugus Penjaminan Mutu (GPJM) FBS bersama pimpinan FBS pun melakukan upaya pendampingan kerja akreditasi prodi dengan mengundang Tim Akreditasi Prodi PBSI dalam rapat pada Kamis, 14 Februari 2019, pukul 09.00-12.00 di Ruang Rapat E.214 FBS UNJ. Ketua Tim Akreditasi, Ibu Sri Suhita datang bersama Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana beserta Bapak Edi Puryanto dan Ibu Siti Ansoriyah. 

 

Rapat persiapan akreditasi prodi ini dibuka dahulu oleh Wakil Dekan I FBS UNJ Bapak Ifan Iskandar. Kemudian, Dekan FBS UNJ Ibu Liliana Muliastuti meneruskan dengan penjelasan tentang penggunaan borang akreditasi dan SAPTO dengan format baru yang akan dimulai pada 1 April 2019. Ini berarti, penggunaan dengan borang akreditasi format lama masih akan berlaku hingga 31 Maret 2019.  Selain itu, Dekan FBS juga meneruskan informasi dari UNJ mengenai tawaran akreditasi internasional bagi Prodi PBSI. Mengingat gedung-gedung di FBS, khususnya gedung yang ditempati Prodi PBSI akan didemolish pada pertengahan tahun ini, sangat tidak memungkinkan prodi menerima tawaran dan tantangan  akreditasi internasional pada tahun ini juga. 

 

Pada rapat akreditasi ini pun, FBS menawarkan bantuan kebutuhan data dan dokumen yang diperlukan Prodi PBSI untuk kemudian dilengkapi dan diselaraskan dengan data di FBS dan UNJ. GPJM FBS yang diketuai Ibu Ati Sumiati akan siap membantu dan mengakomodasi kebutuhan Tim Akreditasi Prodi PBSI FBS UNJ. Masih ada waktu sebulan penuh untuk menyusun borang akreditasi, evaluasi diri, dan borang SAPTO hingga pertengahan Maret nanti Prodi PBSI mengunggah semua dokumen. (nlm)