Rapat Penyerahan Kisi-Kisi Soal dan Penyamaan Persepsi Penmaba Mandiri UNJ

Pada Selasa 12 Februari 2019, pukul 13.00-15.00 di ruang rapat Kantor Wakil Rektor I UNJ, dilaksanakan kegiatan Rapat Penyerahan Kisi-Kisi Soal dan Penyamaan Persepsi Penyusunan Soal Ujian Tulis Penmaba Mandiri UNJ Tahun 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Plt. WR I UNJ, Bapak Ahmad Ridwan. Beliau didampingi oleh Ketua Penmaba UNJ, Bapak Ifan Iskandar (merupakan Wakil Dekan I FBS) dan staf pengembang WR I UNJ Bapak Agung. 

 

Sebanyak 17 dari 22 peserta rapat hadir memenuhi ruangan. Para undangan ialah para dosen penulis soal Penmaba yang berasal dari sebelas program studi di UNJ yang akan menulis sebelas soal Penmaba. Tampak hadir, Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana memenuhi undangan WR I UNJ, sebagai penulis soal Tes Kemampuan Dasar Bahasa Indonesia. Beliau ditugaskan UNJ untuk menyelesaikan kisi-kisi soal yang telah dibuat Bapak Krisanjaya menjadi tiga paket soal berjumlah total 60 soal. 

 

Pada kesempatan ini, Bapak Agung, diikuti Ketua Penmaba UNJ memaparkan alur kerja penyusunan soal Penmaba, pedoman penyusunan soal, aturan penulisan soal, bidang yang diujikan, serta tim penyusun kisi-kisi dan soal Penmaba Mandiri UNJ, serta persentase tingkat kesulitan soal (20 mudah, 40 sedang, dan 40 soal sulit). Panitia Penmaba UNJ memberikan tenggat waktu penulisan soal hingga 21 Februari 2019 untuk kemudian direview oleh penelaah soal pada awal Maret 2019. Setelah sesi tanya jawab usai, rapat ini pun diakhiri pada pukul 15.00. (nlm