Ujian Akhir Semester Mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ

Masa Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal 109 2018/2019 pun tiba. Berdasarkan kalender akademik UNJ, UAS dimulai pada 16-29 Januari 2019. UAS di Prodi PBSI FBS UNJ dilaksanakan dengan beragam cara. Pada mata kuliah Keterampilan Berbicara, mahasiswa menjadi pembicara, panitia, juga sebagai peserta. Mahasiswa pun mengundang pembicara tamu dari kalangan praktisi atau akademisi untuk memperkaya wawasan mahasiswa tentang topik-topik tertentu di bidang kemahiran berbicara. UAS ini dilakukan dalam bentuk seminar. Selain itu, perkuliahan Keterampilan Berbicara pun membekali mahasiswa agar memiliki kemahiran berbicara, misalnya dalam membahasakan petunjuk melakukan sesuatu dalam bentuk video blog (vlog). Mahasiswa membuat vlog wisata ke Taman Mini Indonesia Indah. Vlog tersebut kemudian diunggah ke YouTube; serta topik-topik vlog lainnya yang juga tidak kalah menarik

Mata kuliah Keterampilan Menulis, UAS dilaksanakan dengan kegiatan Writing Supercamp atau Writing Supertrip. Pada semester ini, mahasiswa dibawa ke Kampung Budaya Betawi Setu Babakan untuk mengambil data dan topik penelitian terkait bahasa, sastra, dan budaya Betawi sebagai bahan menulis artikel ilmiah. Data diperoleh melalui wawancara kepada informan para pedagang kuliner Betawi dan penduduk sekitar Setu Babakan. Informasi mengenai topik tersebut juga diperoleh dari narasumber, tokoh Betawi yang menjadi pengelola Kampung Budaya Betawi Setu Babakan. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman membuat kerak telor, makanan khas Betawi dalam kegiatan workshop kuliner Betawi yang juga dilaksanakan di Setu Babakan.

Selanjutnya, UAS mata kuliah Apresiasi Drama dilakukan dengan cara melaksanakan pementasan drama atau teater di Aula S pada setiap Kamis di musim UAS. Hingga saat berita ini diliput, telah tampil dua kelompok Apresiasi Drama yang tergabung dalam Teater Dentang, yaitu lakon Lara dan Jumpalitan.  Kedua lakon ini diperankan oleh mahasiswa PB1 Prodi PBSI FBS UNJ. Kelas PB2 akan tampil pada akhir masa UAS dengan lakon Hingga Senja dan Lir-Ilir. Menariknya, para orang tua dan keluarga mahasiswa juga hadir menyaksikan putra-putri dan kerabat mereka berakting di atas pentas.

Sementara itu, UAS Apresiasi Sastra dilakukan dalam bentuk Pergelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang dinamakan Gladiola. UAS dilaksanakan di Aula S, pk09.00-15.00. Kegiatan UAS ini juga menghadirkan para orang tua dan keluarga mahasiswa yang akan menyaksikan putra-putri dan kerabat mereka pentas. Kesempatan ini pun dipergunakan Prodi PBSI untuk menyosialisasikan visi, misi, profil lulusan, tujuan, dan sasaran program studi kepada orang tua dan keluarga mahasiswa. (nlm)