Kerja Sama Prodi PBSI FBS UNJ dan Museum Nasional

Pada awal tahun 2019, tepatnya Rabu,16 Januari 2019, pukul 10.00-13.00 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ dilibatkan pimpinan FBS bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerja sama untuk melakukan kunjungan ke Museum Nasional guna membahas peluang kerja sama di antara kedua lembaga.

Wakil Dekan III FBS UNJ Bapak Syamsi Setiadi pada kesempatan ini didampingi oleh Koorprodi PBSI Ibu N. Lia Marliana bersama dengan perwakilan lima program studi di FBS UNJ.

Beberapa butir penting yang disampaikan Koorprodi PBSI FBS UNJ kepada jajaran pimpinan di Museum Nasional di antaranya peluang kerja sama dalam bidang Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada bidang pengajaran difokuskan pada pelaksanaan perkuliahan praktik sastra dan praktik dalam kemahiran berbahasa, serta pemagangan perkuliahan yang berlokasi di Museum Nasional. Kegiatan penelitian difokuskan pada penelitian dengan topik relevan yang dilakukan dosen, mahasiswa bersama dengan sivitas Museum Nasional. Sementara kegiatan pengabdian kepada masyarakat difokuskan pada seminar, pelatihan, atau lokakarya di bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang diisi oleh dosen dan mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ bagi para pengunjung Museum Nasional, baik bagi siswa, mahasiswa, guru, maupun masyarakat umum. (nlm)