Pada 23-25 juni 2016 dilaksanakan monev ppg oleh kemenristek dikti. Salah satu dari tim monev tersebut ialah Dekan FKIP Sanata Darma, Dr. Rohandi. Sebanyak sepuluh prodi bersiap menerima kedatangan tim monev. Demikian pula dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Pada hari pertama kedatangan tim monev, seluruh kaprodi dan koordinator ppg prodi dikumpulkan untuk menyambut tim monev di Sergur Lantai 4 UNJ.
Acara ini dibuka oleh Ketua LPP UNJ. Turut hadir mendampingi tim monev ialah sekretaris LPP UNJ, kapus sertifikasi guru dan dosen, dan kapus monev LPJM UNJ.

Semua kaprodi dan koordinator diminta menjawab satu demi satu pertanyaan Bapak Rohandi, terkait isi instrumen monev PPG. Tampak, Kaprodi dan koordinator ppg PS PBSI mampu menjawab semua pertanyaan dengan sangat baik dan hampir semua jawaban instrumen monev PPG bernilai 5 (skor tertinggi). Pada kenyataannya memang benar. Prodi PBSI memang memiliki fasilitas dan sarana prasarana memadai untuk mendukung kegiatan PPG prodi, seperti laboratorium microteaching yang kedap suara dan terdiri atas ruang observer dan ruang praktik mengajar; ruang workshop ppg yang memiliki lemari penyimpanan buku dan infocus yang permanen, dan lain-lain. PS PBSI juga mempunyai 17 instruktur yang berkualifikasi akademik sangat baik, S2 dan S3 dengan latar belakang pendidikan.

Setelah 3 jam para kaprodi dan koordinator diwawancarai tim monev, selanjutnya, setelah rehat siang, para dosen dan guru pamong diwawancarai hingga pukul 16.00. Jawaban dosen pembimbing dan guru pamong PPG PS PBSI senada dan sesuai dengan jawaban kaprodi dan koordinator ppg PS PBSI dan sesuai dengan instrumen monev yang telah diisi oleh kaprodi dan koordinator PPG.

Pada hari kedua, dilakukan visitasi ke ruang kelas tempat pelaksanaan workshop SSP. Prodi PBSI kebagian dikunjungi pukul 13.00 WIB setelah jam rehat siang. Tampak hadir menyambut tim monev di kelas yaitu Kaprodi PBSI, instruktur PBSI Ibu Dra. Sri Suhita, M.Pd., dan guru pamong SMAN 31 Bapak Sunardi, M.Pd.

Kedatangan Bapak Rohandi dengan Bapak Budiaman disambut dengan peerteaching Mirzal yang mengawali pembelajaran dengan sajian musikalisasi puisi kelompok peerteaching. Sambil mendengarkan musikalisasi puisi, Bapak Rohandi memeriksa dokumen-dokumen PPG dan mengamati media pembelajaran yang tersaji di meja dan tertempel di dinding kelas. Kaprodi PBSI sesekali menjelaskan isi dokumen tersebut kepada Bapak Rohandi. Kegiatan visitasi di kelas Laskar Bahasa PS PBSI ini diakhiri dengan berfoto bersama.

Setelah visitasi ke kelas selesai, tim monev melanjutkan visitasi ke prodi. PS PBSI mendapatkan kesempatan divisitasi. Visitasi tim monev ke lab microteaching, lab bahasa, dan perpustakaan. Tak lupa, kegiatan visitasi diakhiri dengan berfoto bersama di dalam ruangan microteaching dan di halaman prodi.

Pada hari ketiga, semua kaprodi dan koordinator dikumpulkan lagi oleh ketua LPP untuk mendengarkan laporan tim monev tentang hasil monev ppg dua hari kemarin. Tampak hadir Wakil rektor 1 unj, sekretaris Lpp, kapus sergur dan serdos, dan beberapa staf LPP. Hasilnya, pengelolaan PPG di uNJ sudah sangat baik, kualitas SDM sangat baik, sarana dan prasarana juga sudah sangat baik dan terawat baik. Masukan tim monev bahwa diperlukan pembekalan berbahasa inggris dan media berbasis komputer bagi para peserta ppg unj serta akses internet ditingkatkan lagi.
(Nlm)