Menjelang Ramadan, para mahasiswa kelas 1PB2 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ melaksanakan kegiatan Writing Supercamp sebagai bentuk ujian akhir semester mata kuliah Menulis Populer. Mata kuliah ini diampu oleh Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. Beliau menyelenggarakan WSC berkolaborasi dengan Erfi Firmansyah, M.A., dosen pengampu mk Menulis Populer di Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ. Tidak hanya dua dosen pengampu ini merangkap sebagai narasumbernya, Dr. Saifur Rahman dan Dr. Tuti Tarwiyah juga dilibatkan sebagai narasumber tamu.

Kegiatan Writing Supercamp ini dilaksanakan di Pulau Pari Kepulauan Seribu, Sabtu-Minggu, 4-5 Juni 2016. Kegiatan 2 hari satu malam ini sangat bermakna dan menyenangkan. Sebelum ke lokasi, peserta sudah dikelompokkan per 3 atau 5 orang. Mereka sudah membawa rencana tulisan, dapat berupa artikel populer atau artikel ilmiah. Di lokasi, mereka menyebar ke rumah-rumah penduduk untuk melakukan wawancara, mengobservasi, dan menyebarkan angket/kuesioner. Pada sore dan pagi hari, mereka melakukan outbond dan wisata pantai. Pada malam harinya, narasumber menyampaikan materi pengolahan data lapangan menjadi tulisan, publikasi tulisan, dan aspek bisnis tulisan. Pada siang harinya, peserta harus mempresentasikan draf tulisan dan narasumber memberikan pengayaan. Pada malam harinya, dilaksanakan kegiatan di depan api unggun, sambil membakar ikan. Kegiatan WSC ini merupakan kombinasi aktivitas indoor dan outdoor training serta belajar dalam suasana wisata.

Kegiatan WSC di kelas 1PB2 ini selain merupakan UAS, sekaligus merupakan tugas penulisan yang berbeda dengan dami 1-4. Selain jenis penulisan yang biasa ada pada dami yang lalu, bisa ditambah dengan jenis penulisan lain yang diperlukan untuk majalah populer. WSC ini diberikan bobot penilaian meliputi keindahan majalah 40% dan tulisan 60%. Waktu penyerahan majalah ini pada saat tanggal UAS prodi. (EF-SAM)