Seminar dan Diskusi tentang Pengajaran Sastra Anak Bersama Okky Madasari

“Dari Kritik Sosial sampai Pengajaran Sastra Anak” merupakan tema kegiatan Seminar dan Diskusi Tentang Pengajaran Sastra Anak yang disajikan oleh peraih Sastra Khatulistiwa Tahun 2012, yaitu Okky Madasari. Kegiatan seminar dan diskusi ini dikemas dalam bentuk gelar wicara oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kamis, 13 Desember 2018, pukul 14.00-16.00 di Aula S UNJ.

Kegiatan ini dibuka oleh Koorprodi PBSI, Ibu N. Lia Marliana. Pewara, Moch. Afi kemudian memperkenalkan dan mempersilakan moderator yaitu Akhmad Nuruddin Salam (alumnus Prodi PBSI) untuk mengawal kegiatan seminar dan diskusi dalam bentuk gelar wicara. Moderator pun kemudian mengundang Okky Madasari, seorang sastrawan dan jurnalis yang mengangkat banyak tulisan novel tentang kritik sosial dan pengajaran sastra anak. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Reni Nur Eriyani dan dosen Tim Sastra Prodi PBSI, Ibu Sri Suhita dan Ibu Rahmah Purwahida, beserta para mahasiswa Prodi PBSI FBS UNJ. Sekitar 150 peserta hadir mengikuti kegiatan yang merupakan bagian dari peningkatan mutu perkuliahan sastra di Prodi PBSI FBS UNJ. Tidak hanya mahasiswa Prodi PBSI, hadir pula dari Prodi Sastra Inggris dan Prodi Sosiologi yang sangat meminati novel-novel karya Okky Madasari. Antusiasme mereka tampak dari banyaknya pertanyaan yang diajukan bersama dengan mahasiswa Prodi PBSI kepada narasumber.

Setelah gelar wicara bersama Okky Madasari selesai, dilakukan pemberian cendera mata dan sertifikat pembicara yang diakhiri dengan sesi foto bersama. Pembacaan puisi oleh Fatimah, mahasiswa Prodi PBSI kemudian menutup kegiatan seminar dan diskusi tentang pengajaran sastra anak ini pada pukul 16.00. (nlm)