Pada selasa 25 April 2016 dilaksanakan kegiatan Forum Akademika Dosen PBSI dan PSSI. Kali ini, narasumbernya ialah Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. Beliau doktor pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Disertasi beliau tentang Pembelajaran Tradisi Lisan Gambang Rancag. Forum ilmiah ini dibuka dan sekaligus dipewarai oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan dipandu oleh Dr. Saifur Rahman, M.Hum.

Aula D-E FBS UNJ sebagai tempat dilaksanakannya forum akademika dosen ini memang bukanlah ruangan yang besar dan luas. Tempat ini hanya bisa menampung sebanyaknya 60 orang. Namun, ruangan ini dipadati oleh para dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Sastra Indonesia, serta dihadiri para guru PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sedang menjalani kegiatan Workshop SSP di Kampus A UNJ.

Guru PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang disapa Laskar Bahasa 4 ini memang senantiasa dilibatkan dalam ajang ilmiah PS PBSI selama menjalani workshop SSP di UNJ. Kegiatan forum akademika ini sekaligus sebagai wahana untuk memperdalam materi tentang sastra bagi para guru PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kembali kepada forum akademika dosen yang disajikan oleh Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. Sastra lisan memang kepakaran narasumber forum akademika kali ini. Beliau berbagi kepada peserta yang hadir mengenai kajian tradisi lisan: proses penciptaan teks gambang rancag dan pelatihan di masyarakat Betawi..

Antusiasme peserta forum ini tampak tinggi terlihat dari penuhnya ruangan DE ini hingga banyak mahasiswa yang tidak mendapat kursi dan berdiri di dalam ruangan. Selain itu, pertanyaan yang justru dilontarkan moderator juga sekaligus mewakili rasa ingin tahu peserta dalam mendalami gambang rancag ini. Sayangnya, forum akademika dosen ini harus diakhiri karena hari sudah beranjak sore. Kegiatan ini berakhir pada pukul 16.00. (NLM)