Setelah selama satu semester para peserta PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ menjalani kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di empat sekolah mitra UNJ, akhirnya tibalah mereka harus menyeminasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah disusun semasa PPL. Seminar PPL ini dilaksanakan pada Senin dan Rabu, 19 dan 21 November 2018. Pada Senin, 19 November 2018, pukul 09.00-15.00 sebanyak 10 guru PPG SM3T yang akrab disapa Laskar Bahasa Enam ini melaksanakan seminar PTK di Ruangan Q lantai 2. Peserta berasal dari sekolah PPL di SMPN 255 dan SMP Labschool Rawamangun. Dosen yang menguji dua kelompok PTK ini ialah Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. Beliau selain sebagai Koordinator PPG SM3T Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, juga merupakan dosen pengampu PTK pada Workshop SSP PPG SM3T Bahasa Indonesia.

Selanjutnya, dua kelompok berikutnya mendapat jadwal seminar PTK pada Rabu, 21 November 2018, pukul 09.00-15.00 di Ruangan Q Lantai 2 UNJ. Kedua kelompok ini telah melaksanakan PPL dan penelitian PTK di SMPN 99 dan SMAN 31 Jakarta. Dosen yang menguji kedua kelompok sekolah ini ialah Ibu N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.). Beliau adalah Koorprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNJ.

Hasil PTK yang telah dipresentasikan kemudian diberi masukan oleh dosen penguji PTK. Selanjutnya, setelah direvisi, laporan PTK tersebut kemudian diunggah ke tautan yang sudah dibuat Prodi Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia serta LP3M UNJ. (nlm)