Pada Rabu, 1 Maret 2016 dilakukan selesksi mahasiswa berprestasi (mawapres) tingkat Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Gd.O ruang 109 UNJ. Sayang sekali, peluang besar bagi semua mahasiswa di angkatan 2013 dan 2012 hanya diambil oleh tiga mahasiswa angkatan 2013, yang kesemuanya berasal dari kelas 3PB3. Namun, pada hari yang ditentukan untuk presentasi dan tanya jawab karya ilmiah calon mawapres prodi, terdapat satu kandidat yang mengundurkan diri, sehingga menyisakan dua peserta saja.

Kegiatan seleksi mawapres di tingkat PS PBSI ini melibatkan Kaprodi PBSI (N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling), dosen pembimbing mahasiswa (Rahmah Purwahida, M.Hum.), serta satu alumni PS PBSI FBS UNJ yang merupakan mawapres terbaik UNJ (Wahyudi, S.Pd.) sebagai dewan jurinya.

Peserta pertama, Sifani tampil lebih dahulu mempresentasikan tentang pembelajaran BIPA menggunakan media Web. Para juri menilai dan bertanya kepada peserta dalam bahasa Inggris. Sifani pun diminta menjelaskan dalam bahasa Inggris. Peserta kedua, Heri Samtani tak jauh berbeda minatnya dengan Sifani, dengan mengangkat topik BIPA. Namun, Heri mengambil produk CD BIPA sebagai karya unggulannya. Kemampuan berbahasa Inggris dan dokumen jejak prestasi akademik dan nonakademik Heri dinilai lebih unggul daripada Sifani, sehingga Heri kemudian terpilih sebagai Mawapres Prodi PBSI yang mewakili ke pemilihan mawapres di tingkat Fakultas Bahasa dan Seni. (NLM)