Setelah melalui tahapan pembelajaran daring selama tiga bulan dan lokakarya selama lima minggu, para peserta PPG dalam Jabatan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNJ kemudian melaksanakan kegiatan PPL selama tiga minggu dan tiga siklus di sekolah asal masing-masing peserta. Selama PPL ini, para peserta mengirimkan perangkat pembelajaran setiap siklusnya beserta video pembelajaran lengkap dengan testimoni kepala sekolah sebagai guru pamongnya. Tiga minggu PPL ini kemudian menjadi ajang berlatih meningkatkan kompetensi mengajar Bahasa Indonesia dengan pendekatan saintifik berbasis Kurikulum 2013. Kemudian, pada minggu keempatnya, para peserta PPG salam Jabatan ini melaksanakan kegiatan Ujian Kinerja (Ukin) di sekolah mitra UNJ. 

 

Pada rentang 30 Oktober hingga 2 November 2018, para peserta PPG Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan Ukin di SMP 255, SMAN 31, dan di SMKN 50 Jakarta. Para dosen Prodi PBSI FBS UNJ yang terlibat ialah Ibu Sri Suhita, Ibu N. Lia Marliana, Ibu Reni Nur Eriyani, Bapak Edi Puryanto, Ibu Siti Ansoriyah, dan Ibu Rahmah Purwahida. Sementara guru penguji yang terlibat, yaitu Bapak Sunardi dan Ibu Desy Aulia dari SMAN 31 Jakarta; Ibu Supriyati dari SMPN 255 Jakarta; Ibu Feni, Ibu Endah, dan Ibu Nani Clara dari SMPN 99 Jakarta; Ibu Marlinah dari SMKN 38; dan Bapak Ucahyo dari SMKN 50 Jakarta. 

Sebanyak 26 peserta Ukin tersebar di SMPN 255, SMAN 31, dan SMKN 50 Jakarta. Ukin berlangsung mulai pukul 07.00 hingga akhir pelajaran di sekolah pada jam ke sembilan, pukul 14.15. 

 

Pada kesempatan ini, Tim Panitia Nasional Kemenristekdikti, Ibu Rina ditemani Staf LP3M berkunjung melihat proses Ukin Bahasa Indonesia berlangsung di SMPN 255 dan SMAN 31 Jakarta, pada Kamis, 1 November 2018. Ibu Rina berkesempatan mengamati peserta yang Ukin di dalam kelas, didampingi oleh dosen dan guru penguji Ukin. Beliau pun sempat mewawancarai peserta Ukin. (nlm)