Bulan Oktober dan November menjadi bulan penting bagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ. Hal ini karena pada 28 Oktober setiap tahunnya, Prodi PBI menyelenggarakan kegiatan Bulan Bahasa dan setiap 25 November dirayakan Hari Guru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Prodi PBI bersama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi PBI melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa dan Peringatan Hari Guru dalam bentuk Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia (Gesastrasia) dan Pergelaran Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Gelar Diksi). Tahun 2018 ini peringatan Gesastrasia dilaksanakan pada 29-30 Oktober 2018 dan Gelar Diksi pada 26 November 2018.

Gesastrasia tahun ini menyelenggarakan Lomba Baca Berita Tingkat Nasional bagi Siswa SMP, Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional bagi Siswa SMA, dan Lomba Debat Tingkat Nasional bagi Mahasiswa.

Kegiatan pembukaannya dilaksanakan pada Senin, 29 Oktober 2018 pukul 09.00 di Aula Maftuhah Yusuf, Gedung Dewi Sartika UNJ sesaat setelah dilaksanakan upacara peringatan Sumpah Pemuda di lapangan UNJ. Wakil Dekan III FBS UNJ (Bapak Syamsi Setiadi) membuka kegiatan Bulan Bahasa tahun 2018 dan sekaligus dibukanya kegiatan Gesastrasia. Sebelum dibuka Wadek III FBS, Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (Ibu N. Lia Marliana) menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada BEMP PBI yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan Gesastrasia. Sebanyak 87 peserta siswa SMA berhasil dijaring untuk mengikuti lomba baca puisi, sementara 42 peserta siswa SMP mendaftar dalam lomba baca berita. Selain itu, terdapat 16 tim debat dari 11 perguruan tinggi di Indonesia masuk babak penyisihan lomba debat mahasiswa tingkat nasional ini. Jumlah peserta lomba yang patut diapresiasi. Apalagi, para peserta berasal dari luar UNJ atau luar DKI Jakarta, yaitu Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Karawang, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Klaten, dan Lampung. Para juri pun tidak kalah hebatnya. BEMP PBI melibatkan dosen dan alumni sebagai dewan juri untuk ketiga lomba. Para juri adalah alumni berprestasi yang pernah menjuarai baca puisi di ajang Peksiminas, para juara debat tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Bahasa, serta para dosen. Pemberian hadiah kepada para pemenang ketiga lomba dilaksanakan pada Selasa, 30 Oktober 2018 di Aula Latief Hendraningrat, Gedung Dewi Sartika UNJ pada petang harinya. (nlm)