Dosen dituntut mampu melaksanakan kewajiban Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pengajaran, dosen harus terampil mengelola pembelajaran dan mengevaluasi pembelajaran.
Sebagai upaya dalam “merefresh” kembali kompetensi dosen dalam bidang pembelajaran ini, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mengirimkan para dosennya untuk berpartisipasi aktif menjadi peserta dalam berbagai seminar dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Universitas Negeri Jakarta atau oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, seperti Seminar Model-Model Pembelajaran pada 27 Mei 2015, dengan narasumber Profesor Udin (FKIP PPS UT), Profesor Ana Suhaenah Suparno (mantan Rektor IKIP Jakarta), Seminar Kurikulum 2013 dengan narasumber Tjipto Soemadi pada 15 Februari 2016 (yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan LPP UNJ), Seminar Nasional Pendidikan 30 Mei 2016,  Seminar Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter di Sekolah dan Perguruan Tinggi 1 Juni 2016 (yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bekerja sama dengan UPT MKU UNJ), serta Seminar Asesmen Pembelajaran di Perguruan Tinggi, 2 Juni 2016.

Pada Seminar Asesmen Pembelajaran di Perguruan Tinggi, LPP UNJ mengundang narasumber Bahrul Hayat, murid BS Bloom, tokoh kognitivisme terkemuka. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma UNJ, pada pukul 09-12.00 WIB. Tiga dosen Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang hadir dalam kegiatan ini ialah Siti Ansoriyah, M.Pd., Rahmah Purwahida, M.Hum, dan N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling). Mengingat ruang seminar yang kecil, seminar ini hanya dipenuhi oleh 56 peserta dosen dari berbagai prodi di UNJ.

Seminar Asesmen Pembelajaran di Perguruan Tinggi ini dibuka oleh Asep Supena (salah satu Kapus di bawah LPP) sekaligus beliau memandu seminar ini sampai akhir acara. Materi yang disampaikan narasumber seputar konsep penilaian, evaluasi, dan asesmen; tujuan asesmen pembelajaran mahasiswa; fungsi asesmen pembelajaran mahasiswa, jenis asesmen pembelajaran mahasiswa, prinsip penting dalam asesmen pembelajaran mahasiswa, asesmen dalam siklus pembelajaran, serta metode asesmen.(NLM)