Pada Kamis dan Jumat, 18-19 Oktober 2018 dilaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pendidikan Profesi Guru) dalam Jabatan (DJ) ke UNJ oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Tim Monev berasal dari GTK, yaitu Bapak Aris dan LPTK di luar UNJ, yaitu UNY (Bapak Dr. Wagiran). Kegiatan ini dimulai Kamis, pukul 08.00 dengan mengunjungi sekolah tempat PPL PPG dalam Jabatan Tahap I hingga pukul 12.30. Ada dua sekolah terpilih yang dikunjungi, yaitu SMK PGRI 20 Jakarta Timur untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan SMAN 30 Jakarta Timur untuk bidang studi Matematika. Kegiatan PPL yang dilakukan telah dimulai sejak 4 Oktober 2018 lalu dan saat ini semua guru sedang memasuki minggu kedua pelaksanaan PPL di sekolah asal.

Kunjungan pertama ke SMK PGRI 20 Jakarta Timur diterima Kepala sekolah tersebut, yaitu Bapak Cicuk Pujo Hariyanto, S.Pd.. Setelah mewawancarai Kasek SMK PGRI 20, kemudian Tim Monev PPG DJ mewawancarai peserta PPG DJ bidang studi Bahasa Indonesia, Ibu Tsara Perdana. Setelah wawancara selesai, Tim Monev didampingi oleh dua staf LP3M UNJ (Ibu Yanti dan Bapak Rakean), serta Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ (Ibu N. Lia Marliana) yang juga merupakan dosen pembimbing PPL PPG DJ Bahasa Indonesia kelompok SMK, kemudian menuju ruang kelas X di lantai II sekolah untuk mengamati proses pembelajaran yang diajar Bu Tsara. Selama satu jam pembelajaran Tim Monev mengamati lalu menyampaikan hasil pengamatan dan evaluasi di ruang Kepala SMK PGRI 20.

Bapak Wagiran memberikan pendapatnya tentang pembelajaran Bu Tsara kepada para siswa sudah dilaksanakan secara terstruktur. Bu Tsara telah memanfaatkan TIK melalui aplikasi Khootz sebagai media pembelajaran yang mempermudah siswa memahami materi teks hikayat. Bu Tsara pun dinilai telah melibatkan siswa untuk aktif melaporkan hasil diskusi kelompok dan menceritakan kembali di depan kelas teks hikayat sebagai tugas individual.

Sementara itu, dosen pembimbing PPL DJ, Ibu Lia memfokuskan masukan pada dokumen perangkat pembelajaran Ibu Tsara. Dinilai secara keseluruhan, perangkat pembelajaran yang dibuat Ibu Tsara sudah bagus. Perumusan tujuan pembelajaran sudah mengandung A (audience), B (behavior), C (condition), dan D (degree), serta sesuai dengan indikator dan Kompetensi Dasar (KD)-nya. Sedikit catatan dosen pembimbing kepada Bu Tsara agar kata kerja operasional “menyebutkan” pada indikator diganti menjadi “mengidentifikasi”. Semua masukan ini tentunya demi memperbaiki perangkat pembelajaran menjadi lebih baik dan benar, sekaligus memperbaiki dalam implementasi pembelajaran di kelas.

Namun, secara keseluruhan, PPL guru PPG DJ Bahasa Indonesia sudah sangat baik dengan bimbingan kepala sekolahnya yang senantiasa mendukung dan turut mengamati proses pembelajaran di kelas. Oleh karena Tim Monev PPG DJ harus beranjak ke sekolah lainnya, kegiatan monev di SMK PGRI 20 ini pun diakhiri pada pukul 11.00 dengan sesi foto bersama di depan halaman sekolah. (nlm)