Setelah peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Tahap I Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) menyelesaikan lokakarya pada 29 September 2018 dan melaksanakan Ujian Pengetahuan (UP) di UNJ, dimulailah Lokakarya PPG dalam Jabatan Tahap II.

Peserta PPG dalam Jabatan Tahap II Prodi PBI FBS UNJ sebanyak 44 guru dari Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya, serta Kalimantan. Mereka menjalani kegiatan Orientasi Akademik di UNJ pada Jumat, 28 September 2018 dan mengawali kegiatan lokakarya pada Senin, 1 Oktober 2018 di Ruang 301-302 Gedung Adm.UNJ.

Lokakarya terdiri atas tiga bagian, yaitu lokakarya I mengenai review materi pedagogi dan bidang studi selama 32 jp. Lokakarya II menyusun perangkat pembelajaran, presentasi, dan peerteaching dengan total 192 jp. Lokakarya III pendalaman materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menyusun draf proposal PTK selama 32 jp.

Lokakarya hari pertama diisi dengan materi pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 oleh Bapak Edi Puryanto. Pada hari kedua review materi sastra oleh Ibu Sri Suhita dilanjutkan review materi pedagogi oleh Ibu N. Lia Marliana. Review materi linguistik dilakukan pada hari keempat oleh Ibu Sintowati Rini Utami sebagai penutup kegiatan lokakarya I dengan total 32 jp.

LP3M UNJ pun berperan serta mengisi kegiatan lokakarya, tidak hanya pada saat Orientasi Akademik PPG dalam

Jabatan. Korpus Sertifikasi dan Pendidikan Profesi LP3M UNJ, Bapak Khaerudin menjadi pemateri dalam kegiatan lokakarya pada Sabtu, 6 Oktober 2018 di Ruang 301-302 Gedung Adm UNJ. Beliau mengisi materi mengembangkan media pembelajaran dan mempersiapkan peserta membuat video pembelajaran untuk kegiatan PPL mendatang.

Lokakarya II mengembangkan perangkat pembelajaran mulai dilaksanakan pada hari kelima 5 Oktober 2018 oleh Bapak Edi Puryanto dan Ibu Reni Nur Eriyani dengan materi Kurikulum 2013. Untuk selanjutnya, lokakarya kedua ini dilaksanakan hingga 26 Oktober 2018 oleh beberapa dosen Prodi PBI dan Prodi Sastra Indonesia FBS UNJ. Sementara itu, lokakarya III materi PTK dan menyusun draf proposal PTK mulai dilaksanakan pada 28-30 Oktober 2018 dan diakhiri dengan berlatih mengerjakan soal-soal persiapan UP hingga 2 November 2018. Direncanakan UP akan dilaksanakan pada 3 November 2018. (nlm)