Dalam rangka memenuhi tugas perkuliahan Keterampilan Berbicara Interaktif yang diampu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd., Reni Nur Eriyani, M.Pd., dan Edi Puryanto, M.Pd. kelas 2PB1 dan 2PB3 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, pada 24 Mei 2016, pukul 09.00-17.00 sukses mengadakan seminar dengan nama Seminar Teater dan Public Speaking di Aula Maftuhah Yusuf Gedung Dewi Sartika, Lantai 2 UNJ. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Seminar ini mengundang narasumber pendiri Teater Koma, N. Riantiarno yang datang didampingi istrinya, Ratna Riantiarto, artis film yang ketenarannya tak kalah dari suaminya itu. Riantiarno, yang akrab disapa Mas Nano ini memang sangat bersahabat dan dengan ringan membawakan slide demi slide mengenai proses kreatif dalam mencipta naskah yang kemudian dipentaskan. Betapa beliau memilih berada di balik panggung teater ketimbang bermain film seperti istrinya.

Tak hanya Riantiarno, seminar ini pun menghadirkan Gustav Aulya, news anchor dari RCTI, yang menyajikan materi public speaking pada sesi kedua. Sesi ini dipandu oleh Fathur, mahasiswa 2PB3. Kang Gustav, demikian pria gagah asal Bogor ini disapa oleh moderator. Beliau tampak sangat lihai dan ringan mengambil alih panggung dalam ruangan berkapasitas  300 orang ini. Melalui tayangan-tayangan powrpointnya, Gustav mengajak beberapa peserta untuk berlatih ke depan panggung untuk praktik menjadi reporter dan pembaca berita. Antusiasme peserta sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan mengacungkan tangan hendak turut maju berpraktik di depan.

Peserta seminar ini berasal dari berbagai kalangan dan asal instansi. Bukan hanya mahasiswa dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia saja, melainkan mahasiswa dari prodi-prodi lain di UNJ, juga dari luar UNJ, seperti Universitas Singa Perbangsa Karawang, Uhamka, dan Unindra. Bukan hanya dari kalangan mahasiswa, peserta juga berasal dari kalangan guru dan dosen. Bahkan, guru-guru PPG SM3T Bahasa Indonesia angkatan ketiga alumni UNJ dan angkatan keempat yang sedang Workshop PPG di UNJ juga turut menyaksikan dua orang hebat dalam bidang teater dan penyiaran ini beraksi di atas pentas didampingi instrukturnya, Dr. Siti Gomo Attas, M.Hum. dan N. Lia Marliana, M.Phil.(Ling).(NLM)