Setelah laporan ketua pelaksana kegiatan PKMP (Eman Sulaeman) dan sambutan Ketua BEMP PBI (Ali Topan), Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana bersama Dosen Pembimbing Kemahasiswaan Prodi PBI, Bapak Edi Puryanto melepas keberangkatan rombongan peserta Pelatihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Prodi PBI FBS UNJ ke Vila Kartika, Cisarua, Bogor pada pukul 16.00-17.00.  Enam puluh peserta bersama tiga puluh panitia dari Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi (BEMP) PBI pada Jumat, 5 Oktober 2018 berangkat ke Cisarua selepas Maghrib untuk melaksanakan kegiatan PKMP hingga Minggu, 7 Oktober 2018. Kegiatan pelepasan peserta PKMP yang dipewarai oleh Suwandi dan Nazila dari angkatan 2017 ini dilaksanakan di halaman Gedung Daksinapati UNJ.

Dalam sambutannya, Koorprodi PBI menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi para panitia PKMP BEMP PBI yang mewujudkan kegiatan ini sebagai bagian atau rangkaian Program Getar Indonesia. Program Getar Indonesia ini membangun tema “Membangun Karakter Pemimpin Kritis, Kreatif, dan Peduli terhadap Kemanusiaan.” Rangkaian kegiatan Getar Indonesia meliputi PKKMB 5-8 September 2018 lalu, Pra-PKMP 15 September 2018, GPP 30 September 2018, serta yang akan berjalan adalah Sekolah PKM-PKW Tahap II, dan PKMP.  Apresiasi Koorprodi PBI juga diberikan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan PKMP ini dengan keberanian, kesungguhan, serta komitmen yang kuat menjadi calon pemimpin berikutnya yang akan meneruskan kakak-kakaknya, baik di opmawa prodi, fakultas, maupun di universitas kelak. Koorprodi PBI juga berpesan kepada peserta dan panitia agar menjaga kesehatan, bisa saling menjaga keselamatan satu sama lain, menjaga nama baik program studi, fakultas, dan UNJ dalam bertutur dan bersikap, serta menjaga kebersihan lingkungan. Koorprodi mendoakan agar semua peserta selamat dalam perjalanan menuju lokasi PKMP dan selamat pula nantinya kembali ke rumah masing-masing.

Kegiatan PKMP ini diikuti oleh 60 dari 62 mahasiswa baru angkatan 2018. Kegiatan  yang menjadi program rutin BEMP ini dikawal dan dibimbing oleh Bapak Edi Puryanto ditemani staf admin Prodi PBI Bapak Roni Tadian yang ikut menginap hingga Minggu, 7 Oktober 2018. (nlm)