Sekitar 100 warga yang terdiri atas bapak-bapak, ibu-ibu, dan anak-anak usia SD dan SMP berkumpul di lapangan RT004/013 Perumahan Metland Cileungsi, Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 30 September 2018, pukul 08.00-13.00. Semuanya memenuhi undangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ yang menyelenggarakan Program Gerakan Perintis Pendidikan (GPP) tahun 2018. Kegiatan ini merupakan program rutin BEMP PBI FBS UNJ. Jika tahun lalu kegiatan GPP difokuskan pada Gerakan Literasi Sekolah di SDN Cinyosog  01 Cileungsi; tahun 2018 ini, kegiatan GPP difokuskan pada Gerakan Literasi Masyarakat, yaitu Gerakan Literasi Budaya dan Literasi Media Digital dengan tetap mengusung literasi baca anak usia SD dan SMP.

Tampak hadir Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana bersama Ibu Sri Suhita yang telah memulai kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah yang sama melalui kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Literasi Budaya dan Literasi Media Digital pada 5 Agustus dan 9 September 2018. Hadir pula Ketua RW 013 dan Ketua RT 004/013 yang memberikan sambutan pada kegiatan GPP BEMP PBI FBS UNJ tersebut setelah laporan ketua pelaksana GPP, sambutan Ketua BEMP PBI, dan sambutan Koorprodi PBI FBS UNJ. Pada kesempatan ini, Ketua RW 013 sekaligus membuka kegiatan GPP secara resmi. Selain itu, Ketua RW013 didampingi Ketua RT 004 menggunting pita peresmian penerimaan buku-buku sumbangan mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ lengkap dengan rak-rak buku berwarna-warni sebagai bagian dari proram pendirian taman bacaan anak.

Pada GPP tahun 2018 ini, BEMP PBI mengadakan lomba-lomba literasi, seperti mendongeng (menceritakan kembali dongeng yang telah dibaca dari buku atau internet), lomba baca puisi, lomba bisik berantai, serta lomba literasi budaya seperti lomba menyanyikan lagu daerah, lomba permainan tradisional bakiak, serta menyuguhkan permainan congklak, karet, dan bola bekel bagi anak-anak SD-SMP di wilayah Desa Cipenjo tersebut. Kegairahan dan antusiasme anak-anak ini sangat tinggi serta dukungan para orang tua mereka membuat kegiatan di wilayah  ini terlaksana dengan sukses.  Pada akhir acara, panitia mengumumkan pemenang semua mata lomba dan membagikan hadiah kepada para pemenang dan para peserta lomba yang tidak mendapat juara. BEMP pun memberikan apresiasi kepada RT004/13 sebagai mitra pendukung Gerakan Perintis Pendidikan. (nlm)