Kementerian Keuangan telah mengumumkan hasil seleksi substansi (seleksi tahap akhir) beasiswa LPDP pada hari Kamis (20/9). Salah satu alumnus Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2013 sekaligus Mawapres PBI tahun 2016, Heri Samtani, berhasil lolos seleksi tersebut. Dilansir dari akun instagramnya @heri.sams, Heri mengunggah hasil tangkapan layar berupa pengumuman hasil seleksi subtansi. Alumnus kelahiran 12 Juni 1994 ini juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang sudah membantu selama proses seleksi.

Seleksi beasiswa LPDP terbilang ketat. Proses seleksi ini terdiri atas tiga tahap. Tahap pertama seleksi administrasi, tahap kedua seleksi berbasis komputer, dan tahap ketiga seleksi substansi. Seluruh tahapan seleksi telah dilalui Heri dengan penuh perjuangan. “Alhamdulillah, tak bisa berkata-kata lagi saat lihat pengumuman. Proses ini sudah saya lalui dari bulan Mei sampai September. Begitu tahu berhasil, rasanya senang sekali.”

Di tahun  yang akan datang, Heri masih harus berjuang untuk mengikuti seleksi SIMAK UI. Ia berencana untuk kuliah di Program Studi Susastra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia. Nantinya, semua pembiayaan kuliah magister sudah ditanggung oleh LPDP dan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya. “Beasiswa LPDP ini merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM. Karena kita akan menuju bonus demografi, jadi SDM kita juga harus disiapkan. Sebagai generasi muda, saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini,” papar Heri.

Setelah resmi sebagai Awardee LPDP, Heri berencana untuk mengadakan program pembinaan yang ditujukan kepada calon peserta seleksi LPDP khususnya mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Ia juga menyarankan kepada mahasiswa yang berencana untuk mengikuti seleksi LPDP tahun depan agar menyiapkan skor TOEFL yang cukup dari sekarang. Selain itu, calon peserta seleksi harus mempertimbangkan dengan matang rencana studinya. Terakhir, Heri menyarankan agar terus memperbaiki kepribadian (attitude) dan mental pejuang. Karena hal itulah yang diharapkan oleh LPDP. (HS)