Setelah melaksanakan Yudisium pada 16 Agustus 2018 lalu, 67 lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ menjlani prosesi wisuda. Wisuda Lulusan Program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor UNJ Tahun Akademik 2017/2018 ini dilaksanakan di Hall D Ji-Expo Kemayoran Jakarta pada Selasa, 25 September 2018 dengan dua sesi. Sesi pertama pukul 08.00 hingga 14.00 dan sesi kedua pukul 14.00 hingga 17.00. Prodi PBI FBS UNJ mendapat giliran wisuda sesi pertama. 

 

Tampak Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana hadir mendampingi para pimpinan FBS menyalami para wisudawan. Dekan FBS Ibu Liliana Muliastuti memindahkan tali kuncir wisudawan dan memberikan ijazah kelulusan kepada wisudawan secara bergiliran. Enam puluh tujuh wisudawan Prodi PBI berbaris menanti saatnya mendapatkan ijazah dan resmi menjadi alumni Prodi PBI FBS UNJ. 

 

Pada wisuda semester 108 ini, Prodi PBI FBS UNJ kembali meraih prestasi yang ditorehkan oleh Sailal Muna salah satu wisudawan Prodi PBI yang meraih presikat kepujian dengan Indeks Prestasi Akhir 3,91 dan menjadi lulusan terbaik se-FBS UNJ. Sailal Muna dipanggil ke depan Aula Hall D bersama para lulusan terbaik di tiap fakultas untuk mendapat penghargaan dan ucapan selamat dari Plt. Rektor serta jajaran pimpinan UNJ dan fakultas. 

 

Tidak hanya itu, Dara Fitriana Adinda Agrin, mahasiswa angkatan 2016 Prodi PBI FBS UNJ pun termuat di dalam buku Pidator Rektor UNJ dan dibacakan saat wisuda sebagai mahasiswa berprestasi. Prestasi yang diraih Dara asli Mamuju ini adalah sebagai Best Speaker Award dalam Lomba Debat Nasional. Beberapa waktu lalu Dara meraih juara ketiga dalam Lomba Debat Nasional dan meraih predikat pendebat terbaik. Prestasi yang semoga menginspirasi dan memotivasi mahasiswa Prodi PBI lainnya.

 

Wisuda UNJ kali ini memang berbeda dari sebelumnya. Durasi wisuda sesi pertama yang biasanya selesai pukul 11.00, sekarang menjadi jauh lebih lama. Hal ini selain ada persembahan tarian tradisional oleh mahasiswa UNJ, juga karena ada orasi ilmiah oleh Pendiri ruangguru.com, yaitu Adaman Belva Syah Devara (28 tahun). Lulusan S1 NTU Singapura serta master ganda di Harvard University dan Stanford University ini memotivasi para wisudawan UNJ sebagaimana yang dia lakukan untuk membangun ruangguru.com sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan. Orasi ilmiah Belva sangat berkesan dan menginspirasi wisudawan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia yang memang sudah banyak yang bekerja mengajar di sekolah dan di tempat-tempat bimbingan belajar ini sejak sebelum mereka lulus. (nlm)