Sekitar 300 mahasiswa hadir memenuhi Aula UPT Perpustakaan UNJ pada Senin, 10 September 2018, pukul 08.00-13.00 untuk menghadiri kegiatan Kuliah Perdana Semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS, UNJ. Kegiatan rutin Prodi PBI FBS UNJ ini sudah dua tahun berturut-turut melibatkan alumni Prodi PBI FBS UNJ sebagai model terbaik mewakili tiga profil lulusan prodi, yaitu sebagai guru, peneliti, dan wirausahawan. Pada tahun 2018 ini, Prodi PBI memberikan nuansa baru dalam acara kuliah perdana dengan mengundang narasumber yang bukan alumni Prodi PBI FBS UNJ dan mengangkat topik yang tentu saja masih bersinggungan dengan profil lulusan prodi.

 Kuliah Perdana Prodi PBI FBS UNJ ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama dengan narasumber Caprie Anjaya (pendidik), Meis Musida (blogger), dan Andreas (Bukalapak), mengangkat tema “Menjadi Penulis, Blogger, dan Bisnis Daring, Siapa Takut?” dengan moderator dosen Prodi PBI Ibu Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. Selanjutnya sesi kedua mengangkat tema “Kendali Pikiran dan Keberhasilan” oleh motivator nasional Neurolinguistic Programming, Bapak Tri Warsono. Sesi kedua ini dipandu oleh Koordinator Prodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana.

 Kuliah perdana yang dibuka oleh Dekan FBS UNJ ini dihadiri oleh mahasiswa angkatan 2018, 2017, 2016, dan 2015 ini juga dihadiri oleh para peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPG daljab) Tahap I dan mahasiswa BIPA Program Darmasiswa RI dari 11 negara. Kegiatan kuliah perdana ini pun menghadirkan persembahan musikalisasi puisi para mahasiswa Prodi PBI FBS UNJ dari angkatan 2017 pada awal sebelum acara dibuka. Tidak ketinggalan para dosen Prodi PBI turut hadir dalam kuliah perdana selain Koorprodi dan moderator sesi pertama (Ibu Fathiaty Murtadho), yaitu Ibu Endry Boeriswati, Ibu Liliana Muliastuti (yang menjabat sebagai Dekan FBS), Bapak Sam Mukhtar Chaniago, Ibu Sri Suhita, Ibu Siti Ansoriyah, Ibu Reni Nur Eriyani, dan Ibu Marlina. Kuliah perdana yang dikemas sangat menarik dan dengan metode yang melibatkan partisipasi dan keaktifan peserta ini akhirnya ditutup pada pukul 13.00. (nlm)