Sebanyak 62 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FBS, UNJ melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 3-8 September 2018. Kegiatan Pembukaan PKKMB pertama dilakukan di Kampus B UNJ pada 3 September 2018, kemudian keesokannya Pembukaan PKKMB FBS di Aula Latief Hendraningrat UNJ. 

 

Pada Rabu hingga Jumat, PKKMB mahasiswa baru Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) dilaksanakan di Aula DE FBS UNJ. Koorprodi PBI Ibu N. Lia Marliana memberikan materi mengenai profil prodi dan kurikulum Prodi PBI pada Rabu, 5 September 2018 pukul 08.00. Sebelumnya, kegiatan PKKMB ini disambut dan dibuka dahulu secara resmi oleh Ibu Liliana Muliastuti Dekan FBS UNJ yang juga merupakan dosen Prodi PBI FBS UNJ. Setelah Koorprodi PBI memaparkan profil prodi, beliau memperkenalkan satu demi satu dosen Prodi PBI kepada para mahasiswa baru (maba). Setelah itu, Prof. Dr. Endry Boeriswati memberikan materi kedua mengenai Kiat Sukses di Perguruan Tinggi. Diikuti pemateri berikutnya, Bapak Sam Mukhtar Chaniago dan Ibu Sintowati Rini Utami mengenai Nilai Budaya dan Etika di Perguruan Tinggi. 

 

Esoknya, materi Organisasi Kemahasiswaan dipaparkan oleh Ibu Sri Suhita, Bapak Edi Puryanto, Ibu Rahmah Purwahida, dan Ibu Marlina. Ibu Reni Nur Eriyani pun meyakinkan mahasiswa baru mengenai prestasi dan keaktifan mahasiswa dalam materi Kredit Keaktifan Mahasiswa (KKM). Kemudian, para Penasihat Akademik Maba Prodi PBI pun memberikan bimbingan pertama kepada empat kelompok maba, yaitu Ibu Sintowati Rini Utami, Ibu Sri Suhita, Bapak Sam Mukhtar Chaniago, dan Ibu Liliana Muliastuti yang diwakili oleh Bapak Edi Puryanto. Kemudian, maba Prodi PBI ini berkesempatan berfoto bersama Wakil Rektor III, Koorprodi PBI, dan para dosen Prodi PBI di Plaza UNJ. Kegiatan PKKMB prodi pun diakhiri pada Jumat, 7 September 2018 siang hingga petang di Gd.Ki Hajar Dewantara Lantai 9 dengan persembahan organisasi kemahasiswaan Teater Zat, Bengkel Sastra, Lifosa, Imabsii, dan Stomata. Penutupan PKKMB dilaksanakan pada Sabtu, 8 September 2018 di GSG Kampus B. (nlm)