Koorprodi dan para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FBS UNJ memenuhi undangan Kepala UPT Bahasa, Ibu Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. dalam kegiatan Pembukaan Program Beasiswa Darmasiswa RI yang belajar di UNJ. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 6 September 2018, pukul 09.00-12.00 di Gedung M. Syafei Lantai 8 UNJ ini dibuka oleh pewara dengan mengawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Selanjutnya, Ibu Endry Boeriswati yang juga merupakan dosen Prodi PBI FBS UNJ menyampaikan laporannya di hadapan Rektor UNJ yang diwakili oleh Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV beserta hadirin. Selanjutnya, Wakil Rektor IV Bapak Dr. Ahmad Ridwan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Pembukaan Program Darmasiswa RI di UNJ ini disambung sambutan Wakil Rektor III Bapak Prof.Dr. Sofyan Hanif. Tampak hadir pula Koorprodi Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni serta dosen dari Fakultas Ilmu Olahraga. 

 

Selanjutnya, para mahasiswa Program Darmasiswa ini memperkenalkan diri satu demi satu secara bergiliran. Mereka dari pelbagai negara, yaitu empat dari China, dua dari Jepang, dua dari Vietnam, dan masing-masing satu perwakilan dari Malaysia, Thailand, Tunisia, Tazikhistan, Siberia, Philipina, Korea Selatan, dan Kazakstan. Keenambelas mahasiswa asing ini tiba di Jakarta pada Jumat lalu, 31 Agustus 2018. 

 

Keenambelas mahasiswa ini akan menjalani Program Darmasiswa selama 10 bulan di UNJ dan menempuh beberapa mata kuliah. Mata kuliah utama mereka yaitu Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), yang terdiri atas empat keterampilan berbahasa, yaitu Menyimak dan Berbicara, Membaca dan Menulis. Keempatnya diintegrasikan dengan pengajaran tata bahasa dan budaya Indonesia. Para pengajarnya berasal dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, serta dari UPT Bahasa. Selain itu, mahasiswa pun diperkenalkan dengan kuliner Indonesia oleh Program Studi Pendidikan Tata Boga, tari tradisional dan musik Indonesia oleh Prodi Pendidikan Tari dan Prodi Pendidikan Musik. Koorprodi PBI FBS UNJ Ibu N. Lia Marliana terlibat pula mengampu BIPA bersama Ibu Reni Nur Eriyani dan Ibu Marlina dosen Prodi PBI. Selain Ibu Siti Gomo Attas dari Prodi Sastra Indonesia dan Ibu Ofi dari UPT Bahasa UNJ juga terlibat mengampu BIPA. (nlm)