Rekonstruksi kurikulum dilaksanakan setiap empat tahun. Peninjauan kurikulum dilaksanakan setiap setahun. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ pada tahun akademik 2012/2013 memperoleh Hibah Kurikulum dari International Development Bank (IDB) dan dipercaya merekonstruksi kurikulum menjadi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kemudian, Prodi PBI memperoleh kembali Hibah Revitalisasi Kurikulum dari Kemenristekdikti pada tahun 2016 untuk merevitalisasi kurikulum KKNI prodi dan merevisi Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) menjadi Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) yang dimutakhirkan. Lokakarya Revitalisasi Kurikulum Prodi PBI dilaksanakan di Hotel Ibis, 19-20 November 2016. Kemudian pada tahun 2017, Prodi PBI memperoleh Hibah Perangkat Pembelajaran Kemenristekdikti untuk melengkapi RPS dengan peta konsep, media pembelajaran, bahan ajar, video pembelajaran, dan instrumen penilaian. Lokakarya Penyusunan Perangkat Pembelajaran Prodi PBI dilaksanakan di Hotel Harris Sentul pada 23-24 Mei 2017. Kemudian, pada tahun 2018, Prodi PBI kembali memperoleh hibah, yaitu Hibah Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dari Kemenristekdikti dengan menugaskan Ibu Sri Suhita dan Ibu Rahmah Purwahida mengajar di SMP dan SMA.

Pada tahun 2018, dilaksanakan kembali Lokakarya Kurikulum untuk merekonstruksi beberapa mata kuliah oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ. Lokakarya Kurikulum Prodi PBI ini dilaksanakan pada Senin-Selasa, 20-21 Agustus 2018, di Ruang Sidang Prodi PBI FBS UNJ, Gedung Q Lantai II UNJ. Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Prodi PBI FBS UNJ, Ibu N. Lia Marliana ini dipandu oleh Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. Ketua Tim Pengembang Kurikulum Prodi PBI FBS UNJ dan dihadiri oleh 13 dosen Prodi PBI FBS UNJ.

Pada kesempatan ini, narasumber mengawali dengan kurikulum yang harus sesuai dengan KKNI, SNPT, dan SPG. Oleh sebab itu, beliau memandu para dosen untuk mengecek Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) semua mata kuliah yang diampu agar tidak ada CPL Prodi PBI yang tidak terpilih atau bertumpuk pada CPL tertentu. Selain itu, pada Lokakarya Kurikulum ini dilakukan rekonstruksi kurikulum pada mata kuliah Bahasa Bantu dan Pengantar Filologi, yang SKS-nya kemudian digantikan oleh penambahan SKS pada mata kuliah PMA Bahasa, Keterampilan Menulis Populer, dan Apresiasi Drama. Terdapat pula pemisahan beberapa mata kuliah dengan alasan substansi kajian yang berbeda dan belum memadai jika disatukan dalam jumlah 2-3 SKS. Rekonstruksi kurikulum ini didasarkan atas pertimbangan dan analisis kebutuhan yang logis dan objektif, hasil penelitian tracer study dan tanggapan pihak pengguna lulusan, serta hasil benchmark dengan kurikulum Prodi PBI pada semua LPTK di Indonesia. Oleh sebab itu, dalam kegiatan rekonstruksi kurikulum, perlu melibatkan pula stakeholders, yaitu pimpinan fakultas, asosiasi prodi, ikatan alumni, perwakilan pengguna lulusan, perwakilan mahasiswa. Pada akhir kegiatan, semua dosen meninjau dan merevisi RPS sesuai