Pada Selasa, 14 Agustus 2018, pukul 09.00-12.00, di Aula Bung Hatta Lantai II Gd Pascasarjana UNJ, dilaksanakan kegiatan Peluncuran Aplikasi Sipermawa UNJ oleh Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Hubungan Masyarakat (Bakhum) UNJ. Kegiatan ini dihadiri oleh para koordinator program studi (koorprodi), para kasubag akademik dan kemahasiswaan, serta perwakilan mahasiswa. Tampak hadir Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia (Ibu N. Lia Marliana) bersama Korprodi Pendidikan Bahasa Prancis (Ibu Sri Harini), Koorprodi Sastra Inggris (Ibu Atikah), dan Koorprodi Pendidikan Tari (Ibu Dani). Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan FBS (Ibu Ridha) serta Ketua BEMP Pendidikan Bahasa Indonesia (Ali Topan) pun turut hadir dalam kegiatan ini.

 

Setelah laporan Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Humas UNJ (Ibu Woro); kemudian Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ, Bapak Mukhlis R Luddin memberikan sambutan dan membuka secara resmi digunakannya aplikasi sipermawa UNJ ini. Dalam laporannya, Ibu Woro menjelaskan bahwa Sipermawa atau Sistem Informasi Persuratan Mahasiswa bertujuan meningkatkan layanan kemahasiswaan dan mempercepat proses layanan kemahasiswaan. Langkah yang dilakukan UNJ: membuat aplikasi, melakukan sosialisasi, dan ujicoba Aplikasi Sipermawa.

 

Sementara itu, dalam sambutannya, Bapak Mukhlis memaparkan bahwa perlahan-lahan akan dikurangi semua pekerjaan yang bersifat manual. Semua kegiatan akademik dilakukan secara daring. Kenaikan pangkat, pedoman akademik, kurikulum, bahkan ke depannya, perkuliahan akan dilakukan 7x daring dan 7x tatap muka untuk bobot 2 sks. Dikti membuat perangkingan pun berdasarkan  kuantitas pemakaian web LPTK. Oleh sebab itu, diharapkan ke depan, seluruh kegiatan akademik dan administrasi dapat dilakukan melalui dunia digital.

 

Aplikasi Sipermawa dapat diakses di laman bakh.unj.ac.id/sipermawa. Di dalamnya, terdapat layanan surat tanpa input dan surat dengan input. Beberapa jenis surat tanpa input meliputi: 1) Surat keterangan mahasiswa; 2) Surat meterangan tidak menerima beasiswa; dan 3) Surat keterangan tunjangan. Beberapa jenis surat dengan input: 1) Surat keterangan PKL; 2) Surat keterangan penelitian; 3) Surat keterangan magang.  

 

Sipermawa merupakan sistem persuratan daring yang ditujukan untuk mempermudah layanan persuratan kepada mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Negeri Jakarta. Sipermawa dibuat untuk mengatasi masalah yang kerap terjadi di masa sebelumnya, misalnya, pengurusan surat yang memakan waktu lama, surat yang hilang, dan sebagainya. Aplikasi ini memudahkan sivitas akademika dalam mengurus surat yang diperlukan dalam urusan akademik. (nlm)