Setelah selama satu semester menjalani perkuliahan Strategi Belajar Mengajar (SBM) di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) FBS UNJ, sebanyak dua kelas mahasiswa angkatan 2015 melaksanakan ujian akhir semester dalam bentuk pengajaran mikro (microteaching) pada 6-13 Juli 2018. Sebelumnya, ujian tengah semester mata kuliah SBM ini dalam bentuk pengajaran teman sebaya (peerteaching). Perkuliahan ini didahului dengan kegiatan observasi pembelajaran ke Sekolah Indonesia Johor Bahru, di Malaysia pada 12 April 2018.

UAS SBM ini dilaksanakan selama beberapa pertemuan. Mata kuliah yang berbobot 3 sks ini diampu oleh Ibu N. Lia Marliana bersama almarhumah Ibu Suhertuti. Dalam pengajaran mikro, para mahasiswa calon guru ini mengajak 10 siswa SMP dan 10 siswa SMA dari beberapa sekolah mitra sebagai siswa sebenarnya di dalam kelas, yaitu di studio microteaching. Sebanyak 48 calon guru secara bergiliran maju menjadi guru mengajar kelas 7, 8, 10, dan 11. Pengajaran mikro ini berdurasi 20 menit per mahasiswa. Rekaman dilakukan secara penuh dari awal hingga akhir pembelajaran oleh seorang mahasiswa dari kelompok lain yang bertugas sebagai kru. Sementara mahasiswa lain dalam kelompok kru akan menjadi pengingat waktu dan pengingat aktivitas pembelajaran. Kelompok lainnya akan menjadi pengamat pembelajaran dengan menggunakan lembar instrumen yang sudah disediakan dosen pengampu. Sementara dosen pengampu akan menilai dokumen perangkat pembelajaran yang dibuat mahasiswa calon guru ini serta menilai kesesuaian perangkat pembelajaran dengan praktik pembelajarannya.

Dalam praktiknya, para calon guru mengajar dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, baik itu media pembelajaran berbasis lingkungan, maupun media pembelajaran berbasis TIK. Media TIK yang dipergunakan pada ujian pengajaran mikro ini disarankan memanfaatkan video blog (vlog), baik yang dibuat sendiri oleh mahasiswa, maupun yang diambil dari youtube. Diharapkan, di era revolusi industri 4.0 ini, semua mahasiswa sudah mahir memanfaatkan TIK sebagai penunjang pembelajaran di kelas, dalam posisinya sebagai calon guru yang akan melaksanakan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di sekolah mitra pada semester 109. (nlm)